Ahad 30 Aug 2020 20:40 WIB

Cara Mengatasi Mata Kering Akibat Penggunaan Masker

Pasang tepi atas masker dengan hati-hati agar tidak mengganggu kedipan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Mata. Ilustrasi
Foto: Readers Digest
Mata. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penggunaan masker yang terus-menerus dapat menyebabkan mata kering dan iritasi. Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk membantu mengurangi efek pengeringan dari aliran udara ke atas dari masker.

Seperti halnya masalah yang berhubungan dengan mata, pertama, tanyakan kepada praktisi perawatan mata untuk mendapatkan saran dan menyingkirkan penyebab lainnya. Kedua, pastikan masker digunakan dengan benar, terutama saat mengenakan kacamata dan kacamata hitam.

Pasang tepi atas masker dengan hati-hati agar tidak mengganggu kedipan. Memberikan tetes mata dapat menambah kenyamanan. Tenaga perawatan mata dapat merekomendasikan tipe tetes mata terbaik, berdasarkan riwayat dan keadaan medis.

Selain itu, batasi waktu di lingkungan ber-AC atau berangin saat mengenakan masker. Istirahatlah secara teratur dari perangkat digital.

Meski bisa menyebabkan mata kering dan iritasi, Anda tidak boleh mengabaikan penggunaan masker. Masker bermanfaat untuk masa mendatang. Bersama dengan jarak sosial dan langkah-langkah kebersihan, masker menjadi bagian pertahanan  melawan penyebaran Covid-19.

Jangan khawatir, mata kering akibat masker bisa diatasi dengan beberapa cara di atas. Jangan lupa, sebaiknya Anda tetap waspada dan mengikuti beberapa langkah sederhana yang dapat membantu meningkatkan kenyamanan mata.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement