Selasa 01 Sep 2020 10:59 WIB

Xi Jinping Ajak Indonesia Ciptakan Industri Model Baru

Presiden China Xi Jinping kemarin malam kembali menelepon Presiden Jokowi.

Red: Indira Rezkisari
Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Presiden China Xi Jinping (kanan).
Foto: Antara/Bayu Prasetyo
Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Presiden China Xi Jinping (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Senin (31/8) malam, Presiden China Xi Jinping kembali menelepon Presiden Indonesia Joko Widodo. Xi menyatakan sudah seharusnya China dan Indonesia menciptakan industri model baru sebagai dampak dari pandemi global Covid-19.

Dalam percakapan telepon, Xi menyampaikan dibukanya beberapa bidang kerja sama baru untuk meningkatkan program pembangunan di negara masing-masing guna mendorong ekonomi regional dan global. Xi menekankan kedua negara memiliki jumlah populasi yang besar dan sedang menghadapi tugas yang berat memerangi wabah virus corona, namun kedua negara telah berupaya keras dengan mengedepankan prinsip-prinsip kemanusiaan dan mengutamakan kehidupan masyarakat.

Baca Juga

China sangat yakin Indonesia pada akhirnya akan mampu mengatasi epidemi tersebut. China akan terus mendukung Indonesia dengan memberikan bantuan material dan teknis sebanyak mungkin, demikian Xi dalam pernyataan tertulis, Selasa (1/9).

China menjadi penting bagi Indonesia dalam pemenuhan vaksin. Saat ini China dan Indonesia telah melakukan kerja sama secara aktif dalam hal vaksinasi yang merupakan babak baru kerja sama bilateral dalam menghadapi epidemi, demikian Xi.