Selasa 01 Sep 2020 15:44 WIB

Adu Kekuatan Tank China dan India di Perbatasan Negara

India dan China menempatkan tank masing-masing dalam posisi berhadapan di Ladakh

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Christiyaningsih
India dan China menempatkan tank masing-masing dalam posisi berhadapan di Ladakh. Ilustrasi.
Foto: AP / Ariel Schalit
India dan China menempatkan tank masing-masing dalam posisi berhadapan di Ladakh. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- India dan China menempatkan tank mereka masing-masing dalam posisi berhadapan di Ladakh Timur. India menempatkan tank berat tipe T-72 dan T-90 yang dirancang Rusia, sementara China menempatkan tank Type 15 yang lebih ringan namun memiliki manuver tinggi.

Eurasian Times melaporkan India telah mengerahkan T-90 "tank Bhisma" di Ladakh bersama dengan jet tempur dan helikopter milik Angkatan Udara India. Tank T-90 Bhisma dianggap sebagai sebagai salah satu tank paling mematikan di dunia karena kemampuannya untuk menangani senjata biologi dan kimia.

Baca Juga

Kementerian Pertahanan India telah menempatkan kontrak senilai 2,8 miliar dolar AS dengan Ordnance Factory Board (OFB) untuk melisensikan 464 tank T-90S tambahan untuk Angkatan Darat India. Ratusan tank tersebut dijadwalkan untuk pengiriman akhir tahun ini.

Belum lama ini, Menteri Pertahanan India Rajnath Singh menyetujui pengadaan dan menandatangani kontrak dengan M/s Bharat Earth Movers Limited (BEML) untuk pengadaan 1.512 Mine Plough (MP) atau bajak ranjau untuk Tank T-90 S/SK dengan perkiraan biaya Rs 557 crore.