Ahad 06 Sep 2020 07:43 WIB

Mulan, Kisah Nyata di Balik Pendekar Legendaris Tiongkok

Disney+ sudah mulai tayangkan live-action Mulan secara streaming.

Red: Indira Rezkisari
Film live-action Disney, Mulan.
Foto: Jasin Boland/Disney via AP
Film live-action Disney, Mulan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk generasi yang tumbuh pada 1990-an, rilis film animasi Disney 1998 Mulan menandai kedatangan seorang pahlawan yang tiada duanya. Seorang wanita yang berjuang melawan ekspektasi masyarakat dan norma gender untuk menjunjung tinggi nilai-nilai seperti keberanian, kepercayaan diri, dan tekad tak terbatas.

Lebih dari dua dekade setelah film itu rilis, salah satu film klasik terakhir di era Disney Renaissance yang berlangsung dari 1989 hingga 1999. Kini Disney merilis versi live-action dari kisah tersebut pada platform streaming Disney Plus (Disney +).

Film animasi dan live-action Mulan menceritakan kisah seorang wanita muda yang memutuskan mendaftar menjadi tentara Tiongkok menggantikan ayahnya yang sudah lanjut usia, menyembunyikan identitas aslinya dengan berpura-pura menjadi seorang pria. Meskipun banyak orang mungkin mengaitkan Mulan dengan film-film Disney, beberapa mungkin tidak mengetahui asal mula ceritanya. Akarnya dapat ditelusuri kembali ke cerita rakyat, sejak berabad-abad lalu.

Meskipun tidak dapat dipastikan, apakah Mulan adalah orang sungguhan, tapi kisahnya telah menginspirasi banyak orang selama ratusan tahun. Sebuah warisan yang berlanjut hingga hari ini.