Senin 07 Sep 2020 22:10 WIB

BMKG: Tingkatkan Kewaspadaan Hadapi Musim Hujan

Perlunya kewaspadaan dan penyiapan secara lebih dini dan optimal untuk upaya mitigasi

Red: Agung Sasongko
Hujan deras/ilustrasi
Foto: Flickr
Hujan deras/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengimbau pemerintah yang daerahnya mengalami musim hujan lebih basah untuk meningkatkan mitigasi dan kewaspadaan terhadap ancaman bencana hidrometeorologi.

"Perlunya kewaspadaan dan penyiapan secara lebih dini dan optimal untuk upaya mitigasi oleh para pemangku kepentingan dan Pemerintah Daerah yang wilayahnya diprakirakan akan mengalami musim hujan lebih maju atau lebih basah," kata Dwikorita dalam rilis yang diterima di Jakarta, Senin (7/9).

Baca Juga

Mitigasi tersebut dijelaskan Dwikorita dengan melakukan pengelolaan tata air yang terintegrasi dari hulu hingga hilir, antara lain dengan upaya memenuhi dan menyimpan air lebih lama ke danau, waduk, embung, kolam retensi, dan penyimpanan air buatan lainnya, serta penyiapan kapasitas sungai dan kanal untuk antisipasi debit air berlebih.

Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim, Dodo Gunawan mengimbau para pemangku kepentingan dan masyarakat untuk tetap mewaspadai wilayah-wilayah yang akan mengalami musim hujan lebih awal, yaitu di sebagian wilayah Sumatera dan Sulawesi, serta sebagian kecil Jawa, Kalimantan, NTB dan NTT.