Warta Ekonomi.co.id, Jakarta
Tingginya animo belanja online di masa pandemi Covid-19 diharapkan dapat meningkatkan penjualan brand-brand lokal di Indonesia. Kondisi tersebut sesuai dengan anjuran pemerintah untuk stay at home, belanja dari rumah saja.
Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) dalam laporan âTinjauan Big Data 2020 terhadap Dampak Covid-19â menyebutkan peningkatan belanja online di Indonesia pada Februari-Juli 2020 meningkat tajam dibanding penjualan di bulan Januari 2020. Terdapat peningkatan sekitar 320 persen pada Maret 2020 dan 480 persen pada di April 2020 jika keduanya dibandingkan dengan periode penjualan awal tahun.
Melihat tren tersebut, Hypefast, startup lokal pendukung brand lokal berinisiatif membuat satu kampanye khusus 9.9 Super Local Brand Day untuk meningkatkan penjualan produk lokal tanah air seiring dengan meningkatnya antusiasme belanja online masyarakat Indonesia, khususnya melalui platform e-commerce.
âIni saat yang tepat untuk teman-teman brand lokal bersatu dan bersama-sama mendorong awareness brand lokal Indonesiaâ, ujar Achmad Alkatiri, Founder Hypefast melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (7/9/2020).
Brand lokal yang turut serta dalam kampanye 9.9 Super Local Brand Day diantaranya, Monomom, Soleram, Sabine & Heem, Sparse Label, Nona Loose Fashion, Wearstatuquo, Motiviga, Nyonya Nursing Wear dan Sideline Label. Masing-masing brand akan mengeluarkan promo dan penawaran menarik dengan Diskon Hingga 90%, Voucher Diskon Total Rp 200 juta, Gratis Ongkir, hingga Exclusive Launch.
Iid Satria, pemilik Nyonya Nursing Wear menjelaskan pihaknya bangga bisa ikut berpartisipasi dalam 9.9 Super Local Brand Day. Ia menambahkan, Nyonya Nursing Wear sendiri telah menyiapkan berbagai promosi dan diskon untuk 9.9 Super Brand Local Day ini, diantaranya adalah diskon hingga 69%.
âLewat campaign ini, kami juga berharap dapat merubah pandangan publik bahwa kualitas produk kami (produk lokal) tidak kalah dengan berbagai brand dari luar negeri,â jelas Iid.
9.9 Super Local Brand Day akan berlangsung hanya 1 hari, yaitu pada tanggal 9 September mulai Pukul 00.00 WIB, di berbagai kanal brand-brand lokal tersebut seperti website, social media maupun e-commerce di Indonesia, salah satunya Shopee.
Aditya Maulana, Public Relations Lead Shopee Indonesia mengatakan, Sebagai perusahaan e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, Shopee berkomitmen untuk tidak hanya menghadirkan wadah yang menjadi perpanjangan tangan pengguna dalam mengakses rangkaian produk. Tetapi juga turut berperan dalam menjaga keberlangsungan bisnis pelaku usaha lokal khususnya di tengah situasi saat ini.
âKami senang dapat turut berpartisipasi mendukung 9.9 Super Local Brand Day dalam rangkaian kampanye besar tahunan kami, Shopee 9.9 Super Shopping Day. Melalui kerjasama ini, kami berharap dapat tumbuh bersama mitra penjual serta total menjaga semangat untuk terus berkembang sekaligus menjaga perekonomian Indonesia,â ujar Aditya.
Berbagai hal telah dipersiapkan oleh brand, Sideline misalnya, menyiapkan koleksi khusus âSideline for Lestiâ, berkolaborasi dengan penyanyi dangdut Lesti Andryani.
Shinta Tanjung, pemilik brand Sideline menambahkan, Sideline memiliki misi untuk memberikan setiap wanita Indonesia kesempatan untuk tampil fashionable tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar karena harga kami yang terjangkau mulai Rp 79,000.
âSetiap koleksi yang kami keluarkan, didesain untuk wanita Indonesia yang percaya diri dan mau membuat fashion statement versi mereka sendiri, seperti Lesti,â tutup Shinta.