Selasa 08 Sep 2020 18:15 WIB

CDC AS Keluarkan Peringatan untuk Kunjungan ke Indonesia

CDC AS mengeluarkan peringatan resmi soal bahaya ke Indonesia selama pandemi

Rep: Fergi Nadira/ Red: Christiyaningsih
CDC AS mengeluarkan peringatan resmi soal bahaya ke Indonesia selama pandemi Covid-19. Ilustrasi.
Foto: BBC
CDC AS mengeluarkan peringatan resmi soal bahaya ke Indonesia selama pandemi Covid-19. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat (AS) mengeluarkan peringatan resmi soal bahaya bagi warganya jika berkunjung ke Indonesia selama pandemi Covid-19. CDC AS berada di bawah Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan.

Dalam situs resminya, CDC mengategorikan peringatan level tiga soal risiko penyebaran Covid-19 di Indonesia. Angka level tiga menurut lembaga pencegahan dan pengendalian penyakit itu merupakan risiko golongan tinggi, sehingga seluruh warga negara Amerika diimbau keras untuk menghindari perjalanan yang tidak penting ke Indonesia.

Baca Juga

"CDC merekomendasikan para pelancong menghindari semua perjalanan internasional yang tidak penting ke Indonesia. Wisatawan dengan peningkatan risiko penyakit parah akibat Covid-19 harus mempertimbangkan untuk menunda semua perjalanan, termasuk perjalanan penting ke Indonesia," demikian pernyataan CDC dalam situsnya.

CDC memperingatakan kemungkinan buruk yang terjadi apabila warga AS ke Indonesia sakit, maka sumber daya medis di RI terbatas. Dalam hal ini, jika warga AS terpaksa harus ke Indonesia, CDC menyarankan untuk mengikuti aturan protokol kesehatan yang ada.