Rabu 09 Sep 2020 12:42 WIB

Mentan Serukan KostraTani Dorong Peningkatan Produksi

Mentan menyebut produksi pertanian harus dijaga karena masa pandemi

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Mentan Syahrul Yasin Limpo (kanan) dialog dengan penyuluh KostraTani dari seluruh Indonesia
Foto: Kementan
Mentan Syahrul Yasin Limpo (kanan) dialog dengan penyuluh KostraTani dari seluruh Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertanian Syarul Yasin Limpo mengingatkan penyuluh dari seluruh Indonesia untuk membantu petani menjaga produksi pertanian. Apalagi saat ini, penyuluh jadi ujung tombak untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan produksi pertanian.

“Pertahankan produksi pertanian. Kalau tidak cukup, segera lapor. Kalau tidak lapor, kami anggap itu aman. Saya butuh kejujuran. Rakyat tidak boleh bersoal dengan pangan, apalagi sekarang kita dalam masa sulit,” kata Mentan Syahrul pada kegiatan Mentan Sapa Petani dan Penyuluh (MSPP) yang berlangsung tiap pekan via AWR.

Mentan mengingatkan membangun pertanian bukan dari belakang meja, tapi ke lapangan. Setiap wilayah beda kondisi, kendala dan tantangannya, maka dari penyuluh diketahui permasalahan lapangan di sektor pertanian.

“Secara nasional, regional, wilayah atau daerah pasti berbeda. Local problem must be respons by local respons. Masalah lokal dipecahkan dengan pendekatan lokal. Kita bicara kebersamaan. Kita selesaikan bersama," kata Mentan didampingi Sekjen Kementan, Momon Rusmono dan Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi selaku moderator MSPP Vol. 19.