Kamis 10 Sep 2020 22:46 WIB

UBSI Siap Gelar Seminar Motivasi (SEMOT) Online

Kuliah itu harus happy, jangan jadi tekanan, dan tetap ikuti protokol kesehatan.

Red: Irwan Kelana
UBSI akan menggelar Seminar Motivasi (SEMOT) untuk mahasiswa baru angkatan tahun 2020/2021, Ahad (13/9) mendatang.
Foto: Dok UBSI
UBSI akan menggelar Seminar Motivasi (SEMOT) untuk mahasiswa baru angkatan tahun 2020/2021, Ahad (13/9) mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masa-masa awal penerimaan mahasiswa baru (Maba) di kampus-kampus di Indonesia biasanya dimulai dengan acara orientasi mahasiswa baru.  Namun di tengah pandemi setiap kampus di Indonesia mengubah konsep penyambutan Maba secara daring, salah satunya yang dilakukan oleh kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI).

Upaya yang dilakukan oleh kampus UBSI ini diberi nama Seminar Motivasi (SEMOT)  bertajuk ‘New Generation’ yang akan berlangsung secara live melalui platform channel youtube Kuliah BSI Aja mulai pukul 08.00 – 12.00 WIB, Ahad, 13 September mendatang.

Wakil Rektor II Kemahasiswaan, Bidang Non Akademik, Suharyanto mengatakan, kampus UBSI mendesain konsep baru dalam proses penyambutan mahasiswa baru.

“Kuliah itu harus happy, harus enjoy, jangan jadi tekanan, dan tetap ikuti protokol kesehatan untuk tidak berkumpul dengan jumlah massa banyak di suatu tempat. Berangkat dari itu, kampus UBSI mengubah konsep SEMOT yang dilakukan secara daring,”  ujarnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Ia juga melarang kakak tingkat di UBSI melakukan hal-hal perudungan, baik saat masa-masa awal perkuliahan atau saat proses perkuliahan yang nantinya berlangsung di UBSI.

“Mereka harusnya diberikan motivasi dan semangat untuk memulai perkuliahan awal mereka, bukan malah dibuat proses yang aneh-aneh. Maka dari itu kampus BSI menyelenggarakan SEMOT ini,” lanjutnya.

Dengan membawa tema ‘New Generation’ kampus UBSI di SEMOT kali ini akan menghadirkan pemateri Aan Rahman dan Youtuber terkenal dari channel  ‘Garasi Drift’ yakni  Ziko dan Dipo.

“Sekarang, generasi milenial dan gen Z, lebih memilih profesi sebagai seorang Youtuber. Itu karena banyaknya profesi baru yang muncul di era generasi milenial dan generasi Z saat ini,” tutur  Suharyanto.

Motivasi untuk menyelesaikan kuliah tepat waktu harus terus dipegang teguh oleh para mahasiswa baru. “Melalui SEMOT yang akan digelar secara daring oleh kampus UBSI ini, semoga teman-teman mahasiswa baru tetap semangat saat proses perkuliahan nanti walau pun harus masih di rumah saja,” ungkapnya.

Tidak sampai di sana, seminggu setelah perkuliahan dimulai, tepatnya pada tanggal 21 – 26 September 2020 akan diadakan Seminar Tematik, yang akan membahas secara detail tentang lembaga-lembaga penunjang yang ada di lingkungungan kampus UBSI.

“Seminar Tematik ini bertujuan untuk menambah kompetensi dan minat dari masing-masing mahasiswa. Lembaga tersebut, seperti BCC (BSI Career Center), BEC (BSI Entrepreneur Center), BSC (BSI StarUp Center), BIC (BSI Inovation Center), LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi), LBA (Lembaga Bahasa Asing), serta nanti akan dilakukan coaching prestasi kemahasiswaan, etika bermedia sosial, tips-trik jurnalis dan masih banyak lagi seminar tematik yang dapat menjadi pilihan mahasiswa baru kampus UBSI,” bebernya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement