Jumat 11 Sep 2020 15:40 WIB

Erick: Prioritas Kita Indonesia Sehat

Erick menilai ketidakpatuhan terhadap protokol bisa mendongkrak kasus Covid-19.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Teguh Firmansyah
Menteri BUMN Erick Thohir.
Foto: Dok. Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Erick Thohir menegaskan, prioritas utama pemerintah saat ini adalah kesehatan masyarakat. Dalam program komite, Indonesia Sehat menjadi poin pertama. Setelah itu, baru Indonesia Bekerja dan Indonesia Tumbuh.

"Di komite, kita tidak pernah bicara ekonomi didahulukan. Kita bisa melihat prioritas kita adalah Indonesia Sehat, di situ juga memastikan rakyat aman dari Covid dan reformasi layanan kesehatan," ujar Erick saat orasi ilmiah Dies Natalis 63 Tahun Universitas Padjadjaran (Unpad), Jumat (11/9).

Baca Juga

Selain melakukan sosialisasi, kata Erick, pemerintah juga akan menerapkan operasi yustisi untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat mulai Senin (14/9). Erick menilai dukungan masyarakat penting dalam mensukseskan upaya pemerintah melawan Covid-19.

Erick juga mendorong pemerintah daerah meniru Jakarta yang memiliki tingkat tes deteksi covid-19 cukup banyak. Erick menilai pendeteksian menjadi salah satu kunci utama dalam menekan penyebaran virus Corona.  "Alhamdulilah di Jakarta rata-rata tes sudah lebih tinggi dari rata-rata provinsi lain, kita harapkan beberapa provinsi lain juga menyusul," ucap Erick.