Jumat 11 Sep 2020 17:42 WIB

Klaster Soto Lamongan Tambah Dua Kasus Baru Covid-19

Dari 13 kasus tambahan baru di Yogyakarta dua di antaranya dari klaster warung soto.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pengecekan pasien dengan metode polymerase chain reaction atau PCR (ilustrasi).
Foto: AP Photo/Gerald Herbert
Pengecekan pasien dengan metode polymerase chain reaction atau PCR (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Yogyakarta bertambah 13 kasus pada 11 September 2020. Dua kasus baru positif di antaranya merupakan kasus dari klaster Warung Soto Lamongan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta,

Sehingga, total kasus dari klaster ini sudah mencapai 27 kasus. "Dua orang yang dilaporkan positif hari ini merupakan kontak erat dari (pedagang) Soto Lamongan," kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi kepada wartawan dalam pesan tertulisnya, Jumat (11/9).

Sementara itu, ada lima kasus baru positif yang merupakan ibu hamil. Heroe menyebut, ibu hamil ini juga ada enam yang dilaporkan positif pada 10 September kemarin.

Sehingga, sudah ada 11 ibu hamil di Kota Yogyakarta yang positif Covid-19. Heroe mengatakan, 11 ibu hamil ini merupakan orang tanpa gejala (OTG) Covid-19.

"Setiap ibu hamil selalu dilakukan tes swab Covid-19 dan saat ini sedang dipelajari serta tracing penyebab (terpaparnya ibu hamil)," ujar Heroe.

Pihaknya saat ini juga memasifkan screening terhadap ibu hamil. Sudah ada 17 ibu hamil yang menjalani tes swab di Kota Yogyakarta.

"Ibu hamil yang kita screening adalah yang usia 38 minggu. Kenapa? Karena ibu hamil mengalami perubahan hormon dan fungsi sistem kekebalan tubuh, sehingga lebih berisiko terpapar," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement