Ahad 13 Sep 2020 18:41 WIB

5 Kategori Pemilik Kucing, Termasuk yang Manakah Anda?

Di Inggris, ada lebih dari 10 juta kucing peliharaan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Pemilik kucing (ilustrasi)
Foto: republika
Pemilik kucing (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, EXETER -- Jika Anda memiliki kucing, mungkin Anda masuk dalam satu dari lima kategori pengasuh hewan peliharaan itu. Tingkat pengawasan pemiliknya kepada kucing peliharaan dapat memengaruhi cara hewan itu berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

Beberapa pemilik memberi ruang pada hewan piaraannya itu berkeliaran di luar ruangan. Namun ada juga pemilik yang menjaga kucingnya tetap di dalam rumah.

Berdasarkan perbedaan itu, Anda bisa dikategorikan sebagai pengasuh teliti atau pendukung kebebasan. Pengelompokan kategori itu bagian dari proyek penelitian berkelanjutan tim University of Exeter di Inggris berjudul "Kucing, Pemilik Kucing, dan Satwa Liar".

Penelitian itu bertujuan mengidentifikasi cara pemilik memelihara kucing, sekaligus mengurangi pembunuhan satwa liar. Di Inggris, di mana studi itu berlangsung, ada lebih dari 10 juta kucing peliharaan. Meski populasi kucing yang besar tidak selalu negatif, tapi hewan peliharaan yang terlalu mandiri bisa menimbulkan risiko bagi diri sendiri dan hewan lebih kecil lainnya.