Senin 14 Sep 2020 03:15 WIB

Sikat Gigi Teratur Cara Jaga Kesehatan Mulut Selama Pandemi

Kesehatan gigi dan mulut harus dijaga selama pandemi dengan sikat gigi teratur.

Red: Nora Azizah
Kesehatan gigi dan mulut harus dijaga selama pandemi dengan sikat gigi teratur (Foto: ilustrasi sikat gigi)
Foto: Boldsky
Kesehatan gigi dan mulut harus dijaga selama pandemi dengan sikat gigi teratur (Foto: ilustrasi sikat gigi)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Dokter gigi Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) drg Irfan Dwiandhono, SpKG, MBiomed mengemukakan masyarakat perlu menjaga kesehatan gigi dan mulut selama pandemi COVID-19. Kesehatan gigi dan mulut bisa dijaga dengan sikat gigi secara teratur dan dengan cara yang tepat.

"Menjaga kesehatan gigi sangat penting guna menghindari berbagai permasalahan gigi," katanya dalam acara diskusi virtual bersama sejumlah jurnalis LKBN ANTARA angkatan 14 (Forum G-14) yang mengangkat tema "Menjaga Kesehatan Gigi di Masa Pandemi" secara daring diakses dari Purwokerto, Ahad (13/9).

Baca Juga

Direktur Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Jenderal Soedirman itu menjelaskan, pada masa pandemi COVID-19 ada beberapa masyarakat yang merasa khawatir untuk datang ke dokter gigi. Dengan demikian, salah satu cara pencegahan agar kondisi gigi dan mulut tetap baik adalah dengan menggosok gigi dengan cara yang benar, yaitu minimal dua kali sehari.

"Sikat gigi sehabis makan pagi dan sebelum tidur, boleh juga dilengkapi dengan penggunaan obat kumur," katanya.

Dosen Fakultas Kedokteran Unsoed tersebut menambahkan, masyarakat bisa menunda untuk datang ke dokter gigi jika kondisinya tidak darurat. Jika kondisi tidak darurat bisa ditunda ke dokter gigi, tetapi dengan tetap memperhatikan tata cara menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Dia mengatakan, menjalani perawatan di dokter gigi sangat aman selama menjalani protokol kesehatan yang sangat ketat. Saat ini, seluruh pelayanan terkait pemeriksaan gigi telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement