Sunday, 16 Muharram 1444 / 14 August 2022

Sunday, 16 Muharram 1444 / 14 August 2022

16 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Nomadland Jadi Film Terbaik di Festival Film Venice 2020

Senin 14 Sep 2020 01:08 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Frances McDormand (kiri), Swankie, dan Linda May menghadiri pemutaran drive-in Nomadland pada 11 September 2020 di Rose Bowl, Pasadena, Kalifornia, AS. Nomandland memenangkan enghargaan Golden Lion untuk film terbaik di Festival Film Venice 2020.

Frances McDormand (kiri), Swankie, dan Linda May menghadiri pemutaran drive-in Nomadland pada 11 September 2020 di Rose Bowl, Pasadena, Kalifornia, AS. Nomandland memenangkan enghargaan Golden Lion untuk film terbaik di Festival Film Venice 2020.

Foto: AP
Tahun 2019, penghargaan tertinggi di Festival Film Venice tersebut diraih Joker.

REPUBLIKA.CO.ID, VENICE -- Nomadland, sebuah film tentang komunitas van yang melintasi Amerika bagian Barat, memenangkan penghargaan Golden Lion untuk film terbaik di Festival Film Venice 2020. Tahun 2019, penghargaan tertinggi di Festival Film Venice tersebut jatuh kepada Joker.

Film ini disutradarai oleh sineas asal China yang berbasis di AS, Chloe Zhao dan dibintangi Frances McDormand. Aktris senior kelahiran 1957 itu berperan sebagai seorang janda yang mengalami depresi sehingga memutuskan untuk mengubah mobil van miliknya menjadi rumah, lalu mengembara, dan mengambil pekerjaan part time sepanjang perjalanannya.

Baca Juga

Festival di tepi pantai Lido itu menjadi acara pertama yang digelar secara fisik dan dihadiri penonton, sejak pandemi Covid-19 melupuhkan dunia showbiz.

"Terima kasih banyak telah mengizinkan kami datang ke festival Anda dengan cara yang sangat anej ini," kata McDormand dan Zhao dalam pesan video setelah dinyatakan meraih penghargaan.

Juri yang dipimpin oleh aktris Australia Cate Blanchett juga memberikan dua penghargaan runner-up Silver Lion untuk film thriller New Order arahan sutradara Meksiko Michael Franco dan drama bersejarah Jepang Wife of a Spy arahan Kiyoshi Kurosawa.

Sutradara veteran Rusia Andrei Konchalovsky juga dianugerahi penghargaan khusus untuk filmnya Dear Comrades!. Film ini mengisahkan tentang pembantaian pengunjuk rasa di Novocherkassk, Uni Soviet pada 1962.

Aktris Inggris Vanessa Kirby dinobatkan sebagai aktris terbaik untuk perannya di film Pieces of Woman. Sedangkan penghargaan aktor terbaik jatuh ke tangan Pierfrancesco Favino dari Italia.

Protokol kesehatan yang ketat diberlakukan selama festival tersebut, termasuk pemakaian masker saat menonton film dan mengosongkan sekitar setengah kursi di bioskop. Karena pembatasan perjalanan, hanya sedikit selebritas Hollywood yang hadir ke festival film tertua di dunia tersebut.

Banyak juga para pemenang yang tidak menghadiri malam anugerah pada Sabtu malam, sementara mereka yang hadir hanya melepas masker ketika pidato di depan publik untuk ucapan terima kasih. Terlepas dari itu, Direktur Festival Alberto Barbera mengatakan dia sangat bersyukur karena acara bisa berjalan lancar. Sekitar 50 persen dari para sineas, media, kritikus film, pelaku industri dan pecinta film juga turut memeriahkan perhelatan festival.

"Terima kasih untuk semua penghargaan yang telah diputuskan secara objektif melalui diskusi yang sehat dan kuat," kata Barbera dikutip dari Reuters, Senin (14/9).

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile