Selasa 15 Sep 2020 09:15 WIB

Bank Mandiri Fasilitasi Layanan Open Banking Bagi Pebisnis

Layanan open banking ini melalui Mandiri API (Application Programming Interface).

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Hery Gunardi.
Foto: Bank Mandiri
Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Hery Gunardi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Mandiri (Persero) Tbk berupaya memperkuat sektor riil domestik dalam rangka pemulihan ekonomi Tanah Air. Perseroan meningkatkan partisipasi dalam inisiatif open banking melalui Mandiri API (Application Programming Interface).

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Hery Gunardi mengatakan, keberadaan Mandiri API akan mempermudah mitra bisnis untuk mengintegrasikan produk dan layanan Bank Mandiri dalam proses bisnis mereka. Mandiri API merupakan sebuah platform yang dapat diakses dengan mudah oleh mitra bisnis untuk memperoleh informasi serta mengintegrasikan layanan dan produk perbankan yang dimiliki oleh Bank Mandiri pada platform digital milik mitra.

“Dengan adanya Mandiri API, kerja sama melalui platform digital mitra baik e-commerce, fintech, start-up, dan korporasi lainnya akan semakin mudah dilakukan. Mitra bisnis dapat menikmati keleluasaan dalam melakukan pengujian dan implementasi berbagai layanan perbankan Bank Mandiri dalam platform digital mitra,” ujarnya dalam keterangan tulis, Selasa (15/9).

Menurutnya, keberadaan API dalam dunia aplikasi digital adalah suatu keharusan. Terlebih lagi, API adalah kunci dari open banking yang menjadi salah satu inisiatif Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam membangun dan memperluas inklusi keuangan.

“Hal tersebut sejalan dengan bagian dari roadmap transformasi digital Bank Mandiri. Mandiri API akan menjadi katalis pertumbuhan dan pengembangan digital ecosystem saat ini. Nasabah Bank Mandiri bisa memiliki lebih banyak pilihan untuk dapat mengakses layanan perbankan Bank Mandiri pada platform mitra tanpa mengurangi kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi,” jelasnya.

Hery melanjutkan, Mandiri API salah satu bentuk lanjutan transformasi digital Bank Mandiri yang melibatkan digital ecosystem. Dengan terbukanya pintu akses nasabah terhadap layanan Bank Mandiri melalui platform digital mitra, nasabah bisa semakin nyaman bertransaksi dari berbagai channel.

“Di tengah keterbatasan yang dirasakan akibat dampak pandemi Covid-19, Bank Mandiri ingin membuka jalan seluas-luasnya kepada nasabah untuk bertransaksi. Dari sisi lain, kami juga ingin menjaga keberlangsungan usaha dengan meningkatkan keterikatan dunia usaha dan ekosistem digital yang ada pada saat ini,” ucapnya.

Adanya Mandiri API akan menguntungkan nasabah karena nasabah dapat menikmati produk dan layanan Bank Mandiri langsung pada aplikasi kesayangan nasabah. Hal ini juga menunjang pertumbuhan platform digital mitra melalui ketersediaan layanan perbankan yang handal dan jaringan nasabah Bank Mandiri yang luas.

“Misalnya saja, melalui API kita fasilitasi digital platform untuk bisa top up e-Money. Kita sediakan jalur pengajuan pinjaman untuk kredit UMKM secara digital dengan cepat tanpa tatap muka. Kita juga tingkatkan kepastian dan kecepatan pembayaran dari pelanggan mitra melalui direct debit. Kita berharap mitra dapat merasakan keuntungan serupa dengan bergabung dalam komunitas mandiri API. Jaringan nasabah Bank Mandiri yang sangat besar pun akan menjadi nilai tambah yang bisa ditawarkan ke pelanggan oleh digital platform mitra bisnis Bank Mandiri,” jelasnya.

Selain produk tersebut, Mandiri API menawarkan kemudahan integrasi berbagai layanan transaksi perbankan lainnya pada digital platform mitra, seperti transfer antar rekening, transfer antar bank, bill payment, auto debit, dan lain-lain.

“Ke depannya kami akan terus melakukan inovasi, terutama di dalam inisiatif open banking ini agar Bank Mandiri selalu dapat menyajikan solusi yang relevan untuk mendukung pertumbuhan sektor riil. Dengan solusi banking everywhere ini kami ingin agar nasabah, mitra dan Bank Mandiri dapat tumbuh bersama dengan sustain demi kemajuan ekonomi digital Indonesia,” ucapnya.

Sejak dibuka ke publik awal bulan ini, sudah terdapat hampir 100 calon mitra yang mendaftar di portal API Bank Mandiri https://developer.bankmandiri.co.id. Melalui portal tersebut, calon mitra dapat melakukan pendaftaran dan pengujian integrasi API di sandbox yang tersedia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement