Thursday, 20 Muharram 1444 / 18 August 2022

Thursday, 20 Muharram 1444 / 18 August 2022

 

20 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Kemendag Dukung Ekspor Produk Kreatif dan Digital

Selasa 15 Sep 2020 07:03 WIB

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Fuji Pratiwi

Calon Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga. Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan mendorong pengembangan ekspor produk kreatif dan digital Indonesia.

Calon Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga. Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan mendorong pengembangan ekspor produk kreatif dan digital Indonesia.

Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Banyak daerah berpotensi mengembangkan produk berdaya saing dan bernilai tambah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan mendorong pengembangan ekspor produk kreatif dan digital Indonesia. Hal ini disampaikan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga saat melakukan kunjungan ke Technopark Cimahi di Bandung, Jawa Barat. 

 

Technopark Cimahi sudah memiliki potensi penyewa (tenant) binaan yang sudah sangat  berkembang. Kondisi itu diharapkan akan memberikan dampak besar terhadap ekspor produk digital Indonesia.

Baca Juga

"Kunjungan ke technopark ini juga sesuai  misi Kementerian Perdagangan yaitu mencari peluang potensi ekspor alternatif seperti produk digital, industri kreatif, dan produk berteknologi tinggi,” ujar Jerry melalui siaran pers, kemarin.

Jerry menjelaskan, Technopark Cimahi merupakan kawasan yang digunakan pemangku kepentingan mengembangkan inovasi, kolaborasi, dan inkubasi berbagai produk kreatif dan teknologi. Meliputi aplikasi, produk animasi dan film, serta kerajinan. 

Technopark ini, Jerry melanjutkan, dikembangkan sesuai visi Presiden Joko Widodo yang ingin memiliki pusat-pusat teknologi di banyak daerah yang berpotensi melakukan pengembangan produk berdaya saing dan bernilai tambah tinggi. Program ini juga sejalan visi Pemerintah Kota (pemkot) Cimahi untuk selalu mengembangkan potensi sumber daya manusia (SDM) dengan keterbatasan sumber daya alam.

Menurut Walikota Cimahi Ajay Muhammad, total wilayah Cimahi hanya sekitar 40 kilometer persegi. Cimahi juga tidak memiliki hutan atau sumber daya alam lainnya.

"Maka Pemkot Cimahi mendorong potensi SDM, khususnya generasi muda dengan mengembangkan berbagai produk digital dan kreatif yang hasilnya sudah mulai dipakai," kata Ajay.

Selain itu, Pemkot Cimahi juga sudah membangun kerja sama dengan berbagai pihak.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile