Rabu 16 Sep 2020 15:36 WIB

Viral, Aksi Emak-Emak Gunting Bendera Merah Putih

Usai dipotong-potong, emak-emak itu membiarkan potongan bendera terserak di lantai.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Mas Alamil Huda
Bendera Mmerah Putih (ilustrasi).
Foto: SENO/ANTARA
Bendera Mmerah Putih (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG- Aksi emak-emak di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat yang diduga memotong-motong bendera merah putih menggunakan gunting terekam kamera berdurasi 29 detik dan viral di media sosial serta menjadi perbincangan para warganet. Selain itu, terlihat dua anak yang melihat aksi pemotongan bendera merah putih.

Usai dipotong-potong, emak-emak tersebut membiarkan potongan bendera terserak di lantai. Saat dikonfirmasi, Kasatreskrim Polres Sumedang AKP Yanto Slamet membenarkan peristiwa tersebut.

Ia mengungkapkan, petugas yang sedang patroli mendapatkan laporan mengenai video tersebut yang viral dan saat ini sedang menelusurinya. "Kemarin (petugas) melakukan patroli cyber, di Tiktok ada video itu, kemudian kita cari orangnya," ujarnya, Rabu (16/9).

Menurut Yanto, dalam video tersebut terdapat beberapa orang yang terlibat dalam aksi memotong bendera merah putih yaitu orang yang menggunting, memegang ponsel dan mengunggah video. Peristiwa tersebut, kata Yanto, terjadi dan dilakukan oleh warga Sumedang.

 

Yanto mengatakan, semua orang yang diduga terlibat masih dilakukan pemeriksaan oleh polisi termasuk terduga pelaku dan saksi-saksi. Yanto mengatakan, pihaknya belum menetapkan tersangka dalam kasus tersebut namun akan melakukan gelar perkara.

"Masih diperiksa, ini siapa yang terlibat di sini," katanya. Menurutnya, terdapat enam orang saksi yang baru diperiksa. Ia melanjutkan, pihaknya telah mengamankan barang bukti rekaman video, potongan bendera, hingga gunting. 

"Sudah ada (barang bukti), video, sisa bendera dan gunting," katanya. Namun, ia menyebutkan belum ada yang ditetapkan sebagai tersangka.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement