Rabu 16 Sep 2020 16:27 WIB

Dokter Anjurkan tak Paksakan Kencing

Jangan biasakan menahan kencing terlalu lama.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Toilet di kantor (ilustrasi). Jangan paksakan kencing. Ada cara yang benar untuk pipis agar organ-organ terkait tetap sehat.
Foto: Republika/Musiron
Toilet di kantor (ilustrasi). Jangan paksakan kencing. Ada cara yang benar untuk pipis agar organ-organ terkait tetap sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keinginan berkemih seharusnya datang secara alami. Begitu desakan itu datang, air seni harus segera dikeluarkan agar tak menjadi penyakit.

Persoalannya, terkadang dalam situasi tertentu, orang malah sengaja mengeluarkannya terlebih dahulu. Saat sebelum berangkat perjalanan jauh, misalnya, agar tidak perlu terlalu mampir ke toilet umum yang belum tentu bersih saat di perjalanan.

Baca Juga

Ternyata, memaksakan kencing malah bisa memaksa otot kandung kemih dan dasar panggul sehingga berpotensi mengalami malfungsi. Dilansir laman Health 24, Senin (14/9), menurut ahli urologi Yale Medicine, Dr Joseph Brito, sebenarnya kita tidak perlu memaksa untuk mengeluarkan air seni.

Kandung kemih yang sehat bekerja paling baik saat otot dasar panggul agak relaks. Selain itu, kita juga sebaiknya tidak menggunakan otot perut untuk memaksa keluar air seni, seperti saat buang air besar.