Rabu 16 Sep 2020 18:44 WIB

Studi: Konsumsi Kunyit Bantu Redakan Osteoarthritis

Kunyit memiliki sifat antiinflamasi yang tampak bisa meredakan nyeri osteoarthritis.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Bubuk kunyit. Punya efek antiinflamasi, kunyit diyakini dapat mengurangi nyeri akibat osteoarthritis.
Foto: Flickr
Bubuk kunyit. Punya efek antiinflamasi, kunyit diyakini dapat mengurangi nyeri akibat osteoarthritis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada banyak bahan alami yang bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya kunyit yang dikenal memiliki kandungan baik.

Sebuah studi menunjukkan konsumsi kunyit dapat membantu mengurangi nyeri pada lutut yang rematik. Studi baru dari Menzies Institute for Medical Research di Universitas Tasmania itu menemukan konsumsi curcuma longa atau dikenal sebagai kunyit mampu meredakan nyeri pada pasien dengan osteoarthritis.

Baca Juga

Menurut laporan yang diterbitkan di jurnal Annals, dilansir Fox News, Rabu (16/9), mereka yang mengonsumsi kunyit mengalami nyeri lebih sedikit daripada yang mengonsumsi plasebo setelah 12 pekan, tanpa efek samping,  Tim peneliti menemukan dalam studi acak bahwa kunyit tidak mengubah aspek struktural osteoarthritis, komposisi tulang rawan, atau pembengkakan di lutut. Peneliti juga mengeklaim bahwa "terapi farmakologis saat ini untuk pasien dengan osteoarthritis kurang optimal."

Dr Benny Eathakkattu Antony, penulis senior laporan tersebut, mengatakan bahwa pengobatan umum seperti dengan parasetamol dan obat antiinflamasi nonsteroid dapat membantu bagi yang mereka memiliki keluhan ringan hingga sedang. Namun, pemberiannya juga dapat memiliki efek samping yang merugikan. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan obat yang lebih aman dan efektif untuk mengobati osteoarthritis.