Rabu 16 Sep 2020 23:33 WIB

Pemasangan Label Bebas Kelapa Sawit Rugikan Indonesia

Wamenlu meminta masyarakat melawan kampanye hitam kelapa sawit Indonesia

Wakil Menteri Luar Negeri RI Mahendra Siregar  menyebut pemasangan label “bebas kelapa sawit” dan upaya sejenis tidak hanya merugikan pelaku usaha di dalam negeri, tetapi juga merusak reputasi Indonesia.
Foto: dok Kementerian Luar Negeri
Wakil Menteri Luar Negeri RI Mahendra Siregar menyebut pemasangan label “bebas kelapa sawit” dan upaya sejenis tidak hanya merugikan pelaku usaha di dalam negeri, tetapi juga merusak reputasi Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Mahendra Siregar di Jakarta, Rabu, menyebut pemasangan label “bebas kelapa sawit” dan upaya sejenis tidak hanya merugikan pelaku usaha di dalam negeri, tetapi juga merusak reputasi Indonesia.

“Jika kita menempatkan isu label ini dalam konteks lebih strategis, yang dirugikan bukan stakeholders (pemangku kepentingan, red) kelapa sawit, tetapi Republik Indonesia karena di belakangnya ada persepsi dan informasi menyesatkan dan merugikan pemerintah serta berbagai pihak yang terkait dengan kebijakan dan banyak hal terkait hukum dan peraturan di Indonesia,” kata Mahendra saat memberi kuliah umum virtual pada acara diskusi panel #INAPalmOil.

Ia menegaskan kampanye hitam kelapa sawit tidak hanya dilawan oleh pelaku usaha, tetapi juga seluruh kelompok masyarakat. “Ini adalah kewajiban dan tanggung jawab kita semua karena yang dirugikan adalah Indonesia secara keseluruhan,” ujar Mahendra.

Dalam kesempatan itu, Mahendra menjelaskan upaya memasang label “bebas (kandungan) kelapa sawit” pada sejumlah produk makanan, minuman, kosmetik, dan barang konsumsi lainnya didorong beberapa alasan. Walaupun demikian, sebagian besar alasan itu telah dibantah oleh kajian ilmiah, kata Mahendra.

“Misalnya pada waktu lalu, label bebas kelapa sawit didorong faktor kesehatan. [...] Namun itu telah disangkal dan dibuktikan baik oleh lembaga nasional maupun multilateral, internasional, bahwa itu (kelapa sawit tidak sehat, red) tidak benar,” terang dia.

Oleh karena itu, alasan kesehatan yang mendorong pemasangan label “bebas kelapa sawit” pun menyesatkan bagi konsumen, kata Mahendra. Tidak hanya masalah kesehatan, industri kelapa sawit juga kerap dituduh bertanggung jawab terhadap penggundulan hutan di beberapa wilayah Indonesia.

“Belakangan ini perkembangan mengenai label bebas kelapa sawit dikaitkan dengan isu deforestasi. Jika kita tidak melakukan langkah-langkah riil, (tuduhan, red) ini akan terus berkembang,”ujar dia. Menurut Mahendra, tuduhan deforestasi terhadap kelapa sawit kerap tidak berimbang.

Ia berpendapat pemanfaatan hasil perkebunan sawit sering dituduh sebagai penggundulan hutan, tetapi tudingan itu tidak ditemukan pada hasil panen beberapa komoditas unggulan di Eropa, misalnya zaitun atau bunga matahari.

Mahendra pun mencurigai tuduhan deforestasi terhadap kelapa sawit kemungkinan jadi salah satu bentuk proteksionisme yang bertujuan melindungi komoditas unggulan negara lain.

Dengan demikian, ia mengajak pelaku usaha, pemerintah, dan para pemangku kepentingan untuk mengevaluasi berbagai isu/kampanye hitam terhadap kelapa sawit dan mencari cara yang strategis untuk melawan informasi menyesatkan tersebut, kata Mahendra.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمَا تَفَرَّقُوْٓا اِلَّا مِنْۢ بَعْدِ مَا جَاۤءَهُمُ الْعِلْمُ بَغْيًاۢ بَيْنَهُمْۗ وَلَوْلَا كَلِمَةٌ سَبَقَتْ مِنْ رَّبِّكَ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى لَّقُضِيَ بَيْنَهُمْۗ وَاِنَّ الَّذِيْنَ اُوْرِثُوا الْكِتٰبَ مِنْۢ بَعْدِهِمْ لَفِيْ شَكٍّ مِّنْهُ مُرِيْبٍ
Dan mereka (Ahli Kitab) tidak berpecah belah kecuali setelah datang kepada mereka ilmu (kebenaran yang disampaikan oleh para nabi) karena kedengkian antara sesama mereka. Jika tidaklah karena suatu ketetapan yang telah ada dahulunya dari Tuhanmu (untuk menangguhkan azab) sampai batas waktu yang ditentukan, pastilah hukuman bagi mereka telah dilaksanakan. Dan sesungguhnya orang-orang yang mewarisi Kitab (Taurat dan Injil) setelah mereka (pada zaman Muhammad), benar-benar berada dalam keraguan yang mendalam tentang Kitab (Al-Qur'an) itu.

(QS. Asy-Syura ayat 14)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement