Selasa 22 Sep 2020 15:14 WIB

Cara Tasya Kamila Terapkan Gaya Hidup Sustainable

Tasya bagikan tipsnya untuk terapkan gaya hidup 'sustainable' bagi anak muda.

Red: Nora Azizah
Tasya bagikan tipsnya untuk terapkan gaya hidup 'sustainable' bagi anak muda (Foto: Tasya Kamila)
Foto: Rahma Sulistya/Republika
Tasya bagikan tipsnya untuk terapkan gaya hidup 'sustainable' bagi anak muda (Foto: Tasya Kamila)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Figur publik Tasya Kamila membagi kiatnya dalam memulai dan menerapkan gaya hidup ramah lingkungan dan berkelanjutan atau sustainable lifestyle bagi anak muda. Menurut Tasya, mencoba untuk mengurangi berbelanja secara berlebihan bisa menjadi awalan yang baik.

Mantan penyanyi cilik itu mengatakan, langkah kecil tersebut bisa menghindari konsumsi sampah yang sebenarnya tak perlu ada sebelumnya. Tasya juga menerapkan program 3R, yang mencakup reduce (mengurangi konsumsi barang berlebihan), reuse (menggunakan kembali), dan recycle (mendaur ulang).

Baca Juga

"Pertama, kita coba kurangi dulu sampah kita, beli barang secukupnya, jangan sampai mubazir. Lalu, ketika berbelanja, pilih barang dengan packaging yang lebih ringkas, serta sebisa mungkin hindari plastik sekali pakai," kata Tasya melalui diskusi virtual, Selasa.

Ibu satu anak itu menambahkan, dirinya juga mencoba untuk menghindari kemasan sekali pakai seperti botol dan sendok plastik. Kemudian diakali dengan menggunakan tumbler dan perlengkapan makan sendiri yang bisa ia bawa ke mana pun dan juga lebih ramah lingkungan.