Rabu 23 Sep 2020 08:00 WIB

Post Malone Borong Nominasi Billboard Music Awards 2020

Post Malone raih 16 nominasi Billboard Music Awards 2020.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Penyanyi Post Malone memborong 16 nominasi di ajang Billboard Music Awards 2020.
Foto: EPA
Penyanyi Post Malone memborong 16 nominasi di ajang Billboard Music Awards 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Musisi Amerika Serikat Post Malone memborong 16 nominasi di ajang Billboard Music Awards 2020. Sejumlah nominasi yang didapat rapper 25 tahun itu termasuk kategori "top artist", "top male artist", "top rap artist", dan "top streaming songs artist".

Album Hollywood’s Bleeding yang dirilis Malone pada 2019 bersaing untuk kategori "top Billboard 200 album". Sementara lagu "Sunflower" yang berkolaborasi dengan Swae Lee mendapat nominasi untuk "top rap song", "top collaboration", dan "top streaming song".

Baca Juga

Lil Nas X menyusul Malone dengan 13 nominasi. Selanjutnya, ada Billie Eilish dan Khalid yang masing-masing mendapat 12 nominasi. Baik Malone, Eilish, dan Khalid akan berkompetisi untuk kategori penghargaan utama "top artist", bersama Taylor Swift dan Jonas Brothers.

Ajang Billboard Music Awards 2020 akan disiarkan secara live dari The Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat, 14 Oktober waktu setempat. NBC maupun Dick Clark Productions selaku penyelenggara belum menginformasikan ketentuan spesifik di tengah pandemi.

Billboard Music Awards 2020 awalnya dijadwalkan terselenggara pada April 2020. Karena itu, para musisi yang masuk nominasi akan terasa agak lewat masanya. Pasalnya, daftar nominasi mengapresiasi tangga lagu periode 23 Maret 2019 sampai 14 Maret 2020.

Kelima peraih nominasi untuk kategori "top Hot 100 song" sudah mendapat nominasi Grammy pada Januari silam. Karya Billie Eilish, When We All Fall Asleep, Where Do We Go? peraih kategori album terbaik di Grammy, masuk pada kategori "top Billboard 200 album" di Billboard.

Album Eilish berkompetisi dengan album Malone, juga album Thank U, Next dari Ariana Grande yang dirilis pada Oktober 2018. Begitu pula karya album Taylor Swift yang masuk nominasi adalah Lover, bukan Folklore yang merupakan album terbarunya.

Sejumlah nominee juga menang banyak di ajang MTV Video Music Awards 2019, yang sudah dihelat lebih dari setahun silam. Salah satunya Lil Nas X dengan lagu hit "Old Town Road" dan Lizzo dengan tembang "Truth Hurts". Tahun ini, keduanya perdana mendapat nominasi Billboard.

Kanye West, yang merilis dua album gospel tahun ini dan cukup merajai tangga lagu gospel Billboard, mendapat sembilan nominasi. Sejumlah kategorinya yakni "top gospel artist" dan "top Christian artist". Empat dari lima lagu nominee "top gospel song" adalah karya West.

Rapper Juice WRLD, yang meninggal dunia pada Desember tetap mendapat penghargaan di ajang mendatang. Mendiang yang karya-karyanya masih memenuhi tangga lagu, mendapat nominasi "top rap artist" dan "top rap album" untuk album Death Race for Love.

Superstar EDM Avicii yang meninggal pada 2018 juga masuk dalam daftar nominasi. Dia mendapat nominasi "top dance/electronic artist" dan "top dance/electronic album". Sebelum meninggal, Avicii sudah mulai menggarap album Tim, yang dirampungkan produser dan keluarganya.

Penyanyi Whitney Houston yang meninggal dunia pada 2012 juga masih diapresiasi karyanya, yang masuk dalam nominasi lagu dansa/elektronik top. Lagunya yang masuk nominasi adalah "Higher Love", hasil kolaborasi dengan disjoki sekaligus produser Norwegia Kygo.

Houston sebenarnya telah merilis tembang ciptaan Steve Winwood itu pada 1990, khusus termuat sebagai bonus dalam album I’m Your Baby Tonight yang beredar di Jepang. Namun, sentuhan remix dari Kygo membuat lagu kembali menjadi hit, dikutip dari laman USA Today.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement