Rabu 23 Sep 2020 17:36 WIB

Antropologi Makan Orang Arab

Porsi makan orang Arab dikenal besar.

Red: Ani Nursalikah
Antropologi Makan Orang Arab . Seorang pedagang menyiapkan jajanan shawarma di tokonya sekitar Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi.
Foto: Republika/Ani Nursalikah
Antropologi Makan Orang Arab . Seorang pedagang menyiapkan jajanan shawarma di tokonya sekitar Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Hajriyanto Y. Thohari

JAKARTA -- Di hampir semua negara Arab, terutama Mesir dan Arab Levant (Bilad al-Syam, yakni Lebanon, Syria, Jordan dan Palestina), ada makanan yang sangat terkenal namanya Shawarma: sebuah roti panas yang digulung yang di dalamnya diisi dengan daging atau ayam, telur, sayuran, keju, dan lain-lainnya. Shawarma panjangnya kira-kira 15-20 cm dibungkus (digulung) dengan kertas dan dibuka sedikit demi sedikit seiring dengan gigitan.

Baca Juga

Orang Arab biasa menghabiskan sebuah shawarma dalam sekali makan, bahkan ada banyak yang tambah satu buah lagi! Sementara kebanyakan pria Indonesia sebuah saja sudah sangat kenyang.

Malah ada seorang mahasiswi Indonesia yang sedang belajar di Lebanon, menghabiskan setengahnya saja harus dengan perjuangan! Volume makanan orang Indonesia kecil dan sedikit sekali. Apalagi bila dibandingkan dengan volume makanan orang Arab.