Rabu 23 Sep 2020 23:59 WIB

Startup Aido Health Bantu Tingkatkan Komunikasi Pasien Covid

Aido Health kenalkan teknologi untuk berkomunikasi dengan pasen Covid-19

Rep: Novita Intan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Siloam Hospitals berinovasi dan menghadirkan pelayanan rawat jalan yang dapat diakses secara online dengan nama Aido Health.
Foto: RS Siloam
Siloam Hospitals berinovasi dan menghadirkan pelayanan rawat jalan yang dapat diakses secara online dengan nama Aido Health.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Platform teknologi kesehatan, Aido Health bekerja sama dengan pakar komunikasi medis, Meetmed, menggelar webinar yang berfokus pada tata cara dokter dan pasien berinteraksi satu sama lain di tengah COVID-19. Webinar ini bertujuan untuk membantu dokter khususnya dari mitra aido health untuk meningkatkan komunikasi yang lebih baik dalam industri kesehatan yang berubah dengan cepat. 

VP Operations and Partnership Aido Health Jyoti Nagrani mengatakan para dokter dapat dibekali dengan keterampilan yang diperlukan dalam berkomunikasi dan melayani pasien dengan lebih baik. Adapun hambatan seperti infrastruktur yang buruk, kurangnya transportasi, dan jarak perjalanan dari tempat tinggal menghalangi banyak orang Indonesia untuk mendapatkan layanan perawatan kesehatan yang berkualitas dan dukungan para dokter spesialis. 

“Teknologi kesehatan memungkinkan peningkatan yang cepat dalam komunikasi, diagnosis, dan pengobatan pasien-dokter. Aido Health menjadi solusi dalam mengatasi banyak tantangan sektor kesehatan tanah air, sehingga dengan teknologi yang kami miliki, Aido Health dapat menutup kesenjangan dan membuat layanan kesehatan lebih mudah dijangkau, khususnya pada masa Covid-19," ujarnya kepada wartawan, Rabu (23/9).

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), terdapat kurang dari sepuluh dokter di antara 10.000 orang di Indonesia. Selain itu, pada 2035, setidaknya 44,9 persen penduduk akan berusia di atas 60 tahun. Di negara dengan kemacetan tinggi dan infrastruktur yang kurang, berarti semakin banyak orang yang memerlukan metode alternatif untuk berkomunikasi dengan dokter mereka.

Saat ini terdapat 171 juta orang Indonesia memiliki akses internet. Hal ini menghadirkan peluang menggunakan teknologi untuk mengatasi tantangan perawatan dan komunikasi tersebut dan banyak orang Indonesia yang mengalami gangguan mobilitas akibat penyakit kronis. 

Advisor Aido Health Dr Roy Panusuan menambahkan dampak Covid-19 pada penggunaan teknologi digital sangat besar dan dokter menyadari bahwa mereka harus beradaptasi dengan perubahan disekitarnya. 

“Melalui platform teknologi kesehatan seperti Aido Health, penyedia layanan kesehatan yang terbaik di negara kita, layanan kesehatan dapat terhubung langsung dengan pasien. Hal ini dapat menghasilkan layanan klinis yang lebih baik dan lebih mudah,” ucapnya.

Webinar ini menunjukkan kepada para dokter mengenai teknologi yang dapat digunakan untuk melayani pasien dengan lebih baik. Webinar yang dibawakan oleh beberapa dokter terkemuka Indonesia lainnya yang akan berlangsung pada September dan Oktober 2020.

Topik utama yang akan dibahas oleh para pembicara meliputi sistem peningkatan perawatan kesehatan, komunikasi telemedisin yang efisien, hubungan antara teknologi dan layanan yang berpusat pada pasien, dan penggunaan kecerdasan emosional untuk berkomunikasi dengan lebih baik. Webinar ini juga dibuat untuk memperlengkapi dokter khususnya bagi fasilitas kesehatan yang bermitra dengan aido health.

“Aido Health berharap para tenaga medis dapat mendapatkan pengetahuan mengenai tata cara komunikasi yang efektif di dunia serba digital ini,” ucapnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement