Kamis 24 Sep 2020 10:49 WIB

Sepertiga Kapasitas Stadion di Italia akan Diisi Penonton

Para penonton sempat dilarang masuk stadion karena pandemi Covid-19.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Sekitar 1.000 penonton menyaksikan langsung pertandingan AC Milan vs Bologna di Stadion San Siro, Milan, Selasa (22/9) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/MATTEO BAZZI
Sekitar 1.000 penonton menyaksikan langsung pertandingan AC Milan vs Bologna di Stadion San Siro, Milan, Selasa (22/9) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Perlahan tapi pasti pemerintah Italia terus menaikkan gairah sepak bola di negara tersebut. Caranya dengan mulai mengundang penonton datang ke stadion. Lantaran dalam masa pandemi, para penonton sempat dilarang masuk menyaksikan langsung pertandingan.

Menteri Olahraga Italia Vincenzo Spadafora mengungkapkan, mulai 8 Oktober 2020, stadion akan terus dibuka secara bertahap. Saat ini, sekitar 1.000 orang sudah diizinkan menempati tribun dalam laga AC Milab kontra Bologna, Selasa (22/9) dini hari WIB. Walaupun mereka merupakan penonton undangan, yakni tenaga medis di Wilayah Lombardia beserta keluarganya.

Baca Juga

Belakangan ada perkembangan positif. Wakil Menteri Kesehatan Negeri Piza Piapaolo Sileri optimistis, penonton yang datang bisa lebih banyak lagi.

Ia memprediksi sepertiga dari kapasitas stadion, masih memungkinkan diisi  khalayak. Terpenting, orang-orang yang datang tetap mengikuti protokol kesehatan.

"Jaga jarak aman sepanjang dua meter, mengikuti atuaran, dilarang berpelukan. Kemudian menggunakan masker dan sanitizer," kata Sileri kepada Rai Uno, dikutip dari Football Italia, Kamis (24/9).

Ia memberi contoh Stadion Olimpico. Stadion yang menjadi kandang AS Roma dan Lazio itu memiliki kapasitas 80 ribu kursi.

"Saya pikir kami bisa mengizinkan sekitar 20 ribu hingga 25 ribu penggemar untuk masuk," ujar sang Wamen.

Duel bigmatch terjadi di Stadion Olimpico pada giornata kedua Serie A. Roma akan menjamu Juventus. Laga tersebut berlangsung pada Senin (28/9) dini hari WIB. 

 

Klasemen Serie A Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement