Ahad 27 Sep 2020 14:38 WIB

Benarkah Alam Juga Bisa Murka Seperti Umat Manusia?  

Alam sebenarnya juga layaknya makhluk Allah SWT yang juga bisa murka.

Red: Nashih Nashrullah
Alam sebenarnya juga layaknya makhluk Allah SWT yang juga bisa murka, Longsor. Ilustrasi
Foto: Republika/Edi Yusuf
Alam sebenarnya juga layaknya makhluk Allah SWT yang juga bisa murka, Longsor. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Manusia lebih pintar merusak alam daripada merawatnya. Alam ini adalah tajalli-Nya sekaligus manifestasi-Nya.

Jika anak manusia tidak bisa lagi mengendalikan diri sebagai khalifah yang benar, jika berbagai penyimpangan yang dilakukannya semakin meluas dan merajalela, jika ketentuan dan peraturan yang berlaku tidak lagi ditaatinya, dan teriakan hati nuraninya tidak lagi didengarkan, pada saat itu alam raya akan semakin murka. 

Baca Juga

Seolah mereka kompak untuk mogok memberikan pengabdian terhadap anak manusia, meskipun sudah ditetapkan sebagai khalifah di jagat raya ini. Fenomenanya bisa kita tandai beberapa hal, antara lain, hujan yang tadinya pembawa rahmat (QS al-An'am/6:99) tiba-tiba menjadi sumber malapetaka banjir yang memusnahkan areal kehidupan (QS al-Baqarah/2:59), seperti yang kita bisa saksikan di mana-mana. 

Gunung-gunung yang tadinya sebagai patok bumi (QS al-Naba'/78:7), tiba-tiba memuntahkan debu, lahar panas, dan gas beracun (QS al-Mur salat/77:10), seperti yang sering terjadi di sekitar kita.