Senin 28 Sep 2020 17:17 WIB

Seperti Apa Perjalanan Nabi Adam dari India Menuju Makkah?

Nabi Adam AS menempuh perjalanan dari India menuju Makkah.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Nashih Nashrullah
Nabi Adam AS menempuh perjalanan dari India menuju Makkah.  Jabal Rahmah atau Bukit Kasih Sayang, yang mengkisahkan pertemuan Nabi Adam AS dan Siti Hawa setelah 300 tahun terpisah
Foto: dok. Kemenag.go.id
Nabi Adam AS menempuh perjalanan dari India menuju Makkah. Jabal Rahmah atau Bukit Kasih Sayang, yang mengkisahkan pertemuan Nabi Adam AS dan Siti Hawa setelah 300 tahun terpisah

REPUBLIKA.CO.ID,  Syekh Ahmad bin Muhammad Ats-Tsalabi dalam bukunya yang diterjemahkan  Abdul Halim berjudul “Kisah Penciptaan dan Tokoh-tokoh Sepanjang Zaman”, menuliskan sebuah riwayat bahwa saat diturunkan ke bumi, Nabi Adam yang berada di India, diperintahkan  Allah SWT untuk berhijrah ke Makkah, tempat Hawa berada.

Dalam perintah tersebut, Allah SWT juga memerintahkan Adam untuk bertawaf dan meminta ampun atas kesalahan yang telah diperbuatnya. 

Baca Juga

Allah SWT berfirman, “Pindahlah dari negeri Hindi (India) ke Makkah; thawaf-lah di sekitar tempat Baitullah dan mintalah pengampunan dari-Ku, tentu Aku akan mengampuni kesalahanmu.”   

Kemudian Allah SWT mengutus seorang malaikat untuk menuntun Adam dan menunjukkan ke jalan menuju Makkah, bersamaan dengan itu, Adam juga diberikan sebuah tongkat dari pohon kayu As, salah satu jenis pepohonan di surga yang panjangnya 20 siku.