Senin 28 Sep 2020 23:02 WIB

Makna Lain Dajjal Sebagai Tanda Kiamat: Kerusakan di Bumi?

Terdapat pemaknaan lain Dajjal sebagai tanda kiamat.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat pemaknaan lain Dajjal sebagai tanda kiamat.  Hari Kiamat (Ilustrasi)
Terdapat pemaknaan lain Dajjal sebagai tanda kiamat. Hari Kiamat (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Kiamat atau hari akhir menjadi salah satu rukun iman yang perlu diyakini oleh setiap pemeluk agama Islam. Meski tak ada yang tahu pasti kapan hari itu datang, banyak keterangan dalam Alquran dan hadits yang menerangkan tanda-tanda kedatangan hari kiamat. 

Pakar Alquran dan hadits, KH Ahsin Sakho Muhammad, menjelaskan, terdapat tanda-tanda kedatangan hari kiamat baik kiamat besar (kubra) maupun kecil (sughra).

Baca Juga

Tanda-tanda yang mudah dilihat, kata dia, adalah sedikitnya orang amanah, semakin sedikitnya ulama atau panutan agama, hewan-hewan semakin memunah, keadilan tak lagi ditegakkan, orang-orang semakin jauh dari norma agama, dan puncaknya adalah kemunculan Imam Mahdi dan Dajjal. 

"Dajjal muncul sebelum hari kiamat dan dia seperti tukang sulap. Jadi, saat dia berkata sesuatu akan langsung terjadi atau terkabul, hingga akhirnya orang akan terpana dan mengikutinya," kata mantan rektor Institut Ilmu Alquran (IIQ) Jakarta ini sebagaimana dikutip dari dokumentasi Harian Republika.