Selasa 29 Sep 2020 10:31 WIB

BPJS Kesehatan Cabang Wamena Berupaya Beri Pelayanan Terbaik

Pelayanan peserta yang datang ke kantor wajib mengikuti protokol kesehatan

Dalam rangka mengoptimalkan pelayanan administrasi, BPJS Kesehatan Cabang Wamena konsisten mengedukasi masyarakat untuk membudayakan perilaku pola hidup sehat.
Foto: BPJS Kesehatan
Dalam rangka mengoptimalkan pelayanan administrasi, BPJS Kesehatan Cabang Wamena konsisten mengedukasi masyarakat untuk membudayakan perilaku pola hidup sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, WAMENA -- BPJS Kesehatan Cabang Wamena selalu berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang tengah berkunjung ke Kantor BPJS Kesehatan sesuai dengan standar ptotokoler kesehatan yang telah ditetapkan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Wamena Freda Yanne Imbiri menegaskan bahwa pihaknya akan berupaya untuk melakukan pelayanan kepada peserta selama waktu kerja dan pelayanan peserta yang datang ke kantor wajib untuk mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan, seperti mengukur suhu tubuh, mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer dan wajib menggunakan masker sebelum masuk ke ruang pelayanan untuk mendapatkan pelayanan.

“Dalam situasi pandemi Covid-19, kami tahu bahwa tidak semua peserta akan mendapatkan pelayanan seperti biasanya. Namun kami akan mengarahkan peserta dengan adanya kanal layanan yang tersedia yang bisa diakses langsung oleh peserta seperti aplikasi Mobile JKN yang dapat mengecek tagihan dan pendaftaran peserta, website BPJS Kesehatan, BPJS Kesehatan Care Center 1 500 400 atau layanan Voice Interactive JKN (VIKA) dan layanan terbaru Chat Assistant JKN (CHIKA) yang dapat diakses melalui Facebook Messenger dan Telegram,” ungkapnya, beberapa waktu lalu.

Freda menambahkan, untuk pelayanan administrasi kepada peserta itu sendiri pun tetap kami laksanakan dengan beberapa ketentuan yaitu untuk pelayanan administrasi di kantor diberlakukan kepada peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang sifatnya segera atau penanganan secara cepat, sedangkan untuk layanan pendaftaran kepada peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) dapat dilayani dengan aplikasi.

Reska Vebrian Sahrun, seorang peserta yang berkunjung ke kantor untuk mencetak Kartu JKN-KIS yang hilang, mengaku puas karena dilayani dengan baik oleh petugas BPJS Kesehatan di frontline.

"Di sana saya juga dijelaskan tentang informasi terbaru terkait kebijakan pelayanan selama masa pandemi Covid-19 dan diarahkan untuk mengunduh aplikasi Mobile JKN untuk mendapatkan KIS Digital dan mengecek tagihan pembayaran. Jadi tidak perlu khawatir apabila lupa membawa kartu ketika berobat di fasilitas kesehatan dan juga tidak perlu datang ke Kantor BPJS Kesehatan, karena cukup dengan fitur layanan pada aplikasi yang disediakan oleh BPJS Kesehatan, semua dapat ditangani dengan baik,” tutur Reska.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement