Selasa 29 Sep 2020 23:08 WIB

Situbondo Berubah Status Jadi Zona Oranye Covid-19

Jumlah pasien Covid-19 meninggal dan pasien positif juga terus bertambah.

Red: Ani Nursalikah
Situbondo Berubah Status Jadi Zona Oranye Covid-19.
Foto: ADITYA PRADANA PUTRA/ANTARA FOTO
Situbondo Berubah Status Jadi Zona Oranye Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, SITUBONDO -- Jumlah warga Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, yang terkonfirmasi positif terinfeksi Corona Virus Disease 19 (Covid-19) sejak beberapa pekan terakhir terus meningkat sehingga statusnya kembali ke zona oranye dari sebelumnya zona kuning.

Koordinator Sekretariat Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Situbondo Syaifullah di Situbondo, Selasa (29/9), mengemukakan daerah itu kembali menjadi zona oranye karena jumlah pasien Covid-19 yang meninggal dunia dan angka pasien positif juga terus bertambah.

Baca Juga

"Sebenarnya yang menjadi penyebab Situbondo kembali menjadi zona oranye dari sebelumnya zona kuning, selain kasus Covid-19 terus bertambah, juga karena angka kematian pasien corona meningkat selama bulan September 2020 ini," katanya.

Ia menjelaskan meningkatnya jumlah pasien Covid-19 yang meninggal dunia rata-rata disebabkan pasien positif memiliki penyakit bawaan (komorbit), seperti jantung, diabetes, dan paru-paru yang mempercepat munculnya kondisi sesak atau gagal napas.