Rabu 30 Sep 2020 04:07 WIB

Jakarta Muharram Virtual Festival Santuni Yatim dan Dhuafa

Yatim dan dhuafa diberi voucer yang hanya dapat dibelanjakan di warung sekitar rumah.

Red: Ani Nursalikah
Jakarta Muharram Virtual Festival Santuni Yatim dan Dhuafa. Ilustrasi Dhuafa
Foto: Republika/Mardiah
Jakarta Muharram Virtual Festival Santuni Yatim dan Dhuafa. Ilustrasi Dhuafa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Baznas Pemerintah Kota Jakarta Selatan menyelenggarakan "Jakarta Muharram Virtual Festival" (Jakarta MVF) dengan menyantuni puluhan anak yatim dan kaum dhuafa di setiap kelurahan. Di Kelurahan Kuning Barat, salah satu peneriman bantuan program Jakarta MVF, tercatat 44 anak yatim dan dhuafa yang menerima manfaat dari bantuan yang diberikan oleh Baznas Bazis DKI Jakarta.

"Santunan dan bantuan yang diberikan oleh Baznas Bazis DKI Jakarta berupa uang tunai dan voucer belanja. Uang tunai Rp 700 ribu dan voucer Rp 300 ribu," kata Lurah Kuningan Barat Agung Muharam, Selasa (29/9).

Baca Juga

Jakarta MVF ini untuk mendukung pemberdayaan ekonomi umat di masa pandemi Covid-19. Caranya dengan membelanjakan voucer belanja yang diberikan kepada anak yatim dan dhufa tersebut.

Voucer belanja senilai Rp 300 ribu yang didapatkan oleh tiap mustahik (penerima bantuan) hanya dapat dibelanjakan di warung-warung terdekat sekitar rumahnya. "Jadi, bukan supermarket. Untuk menggiatkan ekonomi, kita wajibkan voucer itu di warung yang paling dekat dengan rumahnya. Voucer dapat ditukarkan dengan kebutuhan pokok berupa telur, minyak goreng, beras dan buah-buahan," kata Agus.