Rabu 30 Sep 2020 20:03 WIB

UMKM Dinilai Perlu Lakukan Riset Sebelum Berjualan

Survei yang dilakukan tak perlu sulit tapi menyesuaikan momentum yang ada

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Gita Amanda
Merchant Education Senior Lead Tokopedia Pipit Indrawati memberikan paparan dalam webinar di Jakarta, Rabu (30/9). Webinar yang diselenggarakan oleh Republika ini mengangkat tema
Foto: Republika/Prayogi
Merchant Education Senior Lead Tokopedia Pipit Indrawati memberikan paparan dalam webinar di Jakarta, Rabu (30/9). Webinar yang diselenggarakan oleh Republika ini mengangkat tema

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dinilai tetap bisa memulai usahanya meski di tengah pandemi. UMKM diminta bisa menangkap peluang yang ada saat ini.

"Sebenarnya kalau mau usaha langsung saja jalan. Ada metode ketika mau berjualan, kita lakukan survei minimal tetangga kanan dan kiri, lalu bisa banyak membaca barang apa yang laku, ini disebut market insight," ujar Director ICT Strategy and Business Huawei Indonesia Mohamad Rosidi dalam Webinar bertema 'UMKM Menuju Digitalisasi' yang digelar Republika, Rabu (30/9).

Survei atau riset yang dilakukan, kata dia, tidak perlu terlalu sulit. Melainkan bisa disesuaikan dengan momentum yang ada.

"Misal sekarang momentum corona, apa nih yang laku? Masker, face shield, minuman rempah, dan lainnya," ujarnya.