Kamis 01 Oct 2020 14:18 WIB

Dongkrak Ekonomi, Kementan Gencarkan Program Padat Karya

Produktivitas pertanian dan kesejahteraan petani bermuara memacu pertumbuhan ekonomi

Red: Gita Amanda
Sekretaris Direktorat Jendral Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Gunawan  memberikan arahannya dalam acara sosialisasi dan bimbingan teknis (Bimtek) yang berlangsung mulai 30 September hingga 1 Oktober 2020 di Lampung Selatan.
Foto: Kementan
Sekretaris Direktorat Jendral Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Gunawan memberikan arahannya dalam acara sosialisasi dan bimbingan teknis (Bimtek) yang berlangsung mulai 30 September hingga 1 Oktober 2020 di Lampung Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG -- Pemerintah saat ini menggencarkan berbagai upaya  untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional. Di bawah Kementerian Pertanian (Kementan), program padat karya telah dilakukan di beberapa daerah guna menumbuhkan produktivitas sektor pertanian dan kesejahteraan petani yang bermuara pada memacu pertumbuhan perekonomian.

Sekretaris Direktorat Jendral Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Gunawan, mengatakan program padat karya Kementan merupakan salah satu program prioritas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo guna meningkatkan andil sektor pertanian terhadap pertumbuhan ekonomi di pedesaan. Pola program padat karya yang diterapkan salah satunya di Provinsi Lampung melibatkan peran petani untuk menggarap jaringan irigasi sehingga dapat memberikan income tambahan kepada petani atau masyarakat berupa upah tenaga kerja.

Baca Juga

"Tujuan kegiatan ini untuk memastikan pemberikan stimulus kepada petani setempat berupa alat pertanian dan pembangunan jaringan irigasi seluas 1.000 Ha di Lampung Selatan berjalan dengan tepat sasaran," ujar Gunawan saat memberikan arahannya dalam acara sosialisasi dan bimbingan teknis (Bimtek) yang berlangsung mulai 30 September hingga 1 Oktober 2020 di Lampung Selatan, Kamis (1/10), dalam siaran persnya.

photo
Di bawah Kementerian Pertanian (Kementan), program padat karya telah dilakukan di beberapa daerah guna menumbuhkan produktivitas sektor pertanian dan kesejahteraan petani yang bermuara pada memacu pertumbuhan perekonomian. - (Kementan)

Dia menambahkan stimulus tersebut diupayakan dapat menumbuhkan produktivitas pertanian dan memaksimalkan pemanfaatan air untuk pertanian. Saat ini  fokus utama dari Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT) adalah memperbaiki jaringan irigasi eksisting agar maksimal penggunaannya dan memperlancar jalur distribusi air.