Jumat 02 Oct 2020 10:47 WIB

GAVI Bantu Negara Miskin Siapkan Pengiriman Vaksin Covid-19

GAVI siapkan dana bantuan sekitar 150 juta dolar AS.

Red: Reiny Dwinanda
Kandidat vaksin Covid-19 (ilustrasi). Dana bantuan GAVI akan digunakan untuk membantu 92 negara miskin dalam mempersiapkan pengiriman vaksin Covid-19 masa depan.
Foto: AP Photo/Ted S. Warren
Kandidat vaksin Covid-19 (ilustrasi). Dana bantuan GAVI akan digunakan untuk membantu 92 negara miskin dalam mempersiapkan pengiriman vaksin Covid-19 masa depan.

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Dewan aliansi vaksin GAVI sepakat menyediakan dana untuk membantu 92 negara berpenghasilan rendah dan menengah mempersiapkan pengiriman vaksin Covid-19 masa depan. Menurut pihak terkait pada Kamis, jumlah dana yang disiapkan mencapai 150 juta dolar AS (sekitar Rp 2,22 triliun).

Nantinya, dana tersebut dapat dipakai untuk memberikan bantuan teknis dan peralatan mata rantai dingin vaksin. Dana awal akan membantu mendirikan fasilitas COVAX.

Baca Juga

Di samping itu, GAVI juga memastikan bahwa program imunisasi rutin berkesinambungan di negara-negara yang memenuhi syarat. Secara keseluruhan 168 negara telah bergabung dengan fasilitas vaksin global COVAX.

Diketuai oleh GAVI dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), COVAX beranggotakan 76 negara kaya atau swadaya. Fasilitas vaksin global COVAX berencana mengirim dua miliar dosis vaksin Covid-19 pada akhir 2021.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
فَكُلًّا اَخَذْنَا بِذَنْۢبِهٖۙ فَمِنْهُمْ مَّنْ اَرْسَلْنَا عَلَيْهِ حَاصِبًا ۚوَمِنْهُمْ مَّنْ اَخَذَتْهُ الصَّيْحَةُ ۚوَمِنْهُمْ مَّنْ خَسَفْنَا بِهِ الْاَرْضَۚ وَمِنْهُمْ مَّنْ اَغْرَقْنَاۚ وَمَا كَانَ اللّٰهُ لِيَظْلِمَهُمْ وَلٰكِنْ كَانُوْٓا اَنْفُسَهُمْ يَظْلِمُوْنَ
Maka masing-masing (mereka itu) Kami azab karena dosa-dosanya, di antara mereka ada yang Kami timpakan kepadanya hujan batu kerikil, ada yang ditimpa suara keras yang mengguntur, ada yang Kami benamkan ke dalam bumi, dan ada pula yang Kami tenggelamkan. Allah sama sekali tidak hendak menzalimi mereka, akan tetapi merekalah yang menzalimi diri mereka sendiri.

(QS. Al-'Ankabut ayat 40)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement