Jumat 02 Oct 2020 12:30 WIB

Survei: Muslim AS Paling tidak Mungkin Pilih Trump

Sebagian besar Muslim diprediksi berkomitmen memberikan suara dalam pilpres AS.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Survei: Muslim AS Paling tidak Mungkin Pilih Trump. Ilustrasi Muslim AS
Foto: Amr Alfiky/Reuters
Survei: Muslim AS Paling tidak Mungkin Pilih Trump. Ilustrasi Muslim AS

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Sebuah jajak pendapat baru menunjukkan Muslim Amerika Serikat (AS) merupakan kelompok agama yang paling tidak mungkin mendukung Presiden Donald Trump dalam pemilihan presiden (pilpres) AS pada 3 November 2020. Survei tersebut dilakukan oleh Institute for Social Policy and Understanding selama musim semi dan dirilis pada Kamis (1/10).

Dalam survei itu, dukungan dari Muslim Amerika untuk Trump lebih rendah daripada kandidat yang lainnya. Hanya 14 persen Muslim AS yang mendukung pencalonan kembali Trump sebagai presiden. Sementara itu, Yahudi Amerika berada di urutan kedua dengan 27 persen, Katolik 34 persen, Protestan 39 persen, dan Evangelis 61 persen.

Baca Juga

Namun demikian, 14 persen di antara Muslim AS itu terdapat peningkatan 10 persen dalam dukungan yang diberikan untuk pencalonan Trump. Restu untuk Trump di antara kelompok minoritas mencapai 30 persen.

Namun demikian, jajak pendapat itu dilakukan pada Maret dan April, sebelum ekonomi AS berada di titik terendah yang disebabkan karena pandemi virus corona. Menurut jajak pendapat tersebut, lonjakan dukungan terhadap Trump dari empat menjadi 14 persen sebagian besar berasal dari Muslim kulit putih. Sementara 31 persennya mendukung sang presiden karena alasan ekonomi.