Jumat 02 Oct 2020 23:58 WIB

NTB Luncurkan Bus Ramah Penyandang Disabilitas

Pemerintah diharapkan juga menyediakan fasilitas dan tempat untuk beraktifitas.

Red: Muhammad Fakhruddin
NTB Luncurkan Bus Ramah Penyandang Disabilitas (ilustrasi).
Foto: Republika/ Wihdan
NTB Luncurkan Bus Ramah Penyandang Disabilitas (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,MATARAM -- Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat meluncurkan layanan bus yang ramah bagi penyandang disabilitas, lanjut usia, ibu hamil, dan anak-anak.

Gubernur NTB H Zulkieflimansyah mengatakan, merupakan kewajiban bagi pemerintah menyediakan fasilitas bagi semua kalangan, termasuk disabilitas. "Ini satu hal yang maju, ketika saudara-saudara kita dipenuhi hak-haknya," ujar Gubernur NTB saat uji coba Bus Disabilitas NTB Gemilang di Kantor Dinas Perhubungan NTB di Mataram, Jumat (2/10).

Gubernur yang akrab disapa Doktor Zul tersebut menceritakan pengalamannya tentang sarana ramah difabel saat di Inggris. "Saya pernah berkunjung di Old Trafford, stadion Manchester United. Ada satu tempat yang dikhususkan untuk tunanetra, di dalam stadion. Jadi yang dilakukan hari ini adalah hal yang sangat maju," katanya.

Selain itu, Zul juga berharap agar saat perhelatan MotoGP di Tahun 2021, dapat tersedia fasilitas penonton bagi kaumdifabel yang aman dan nyaman. "Ada satu tempat khusus untuk teman-teman difabel menonton MotoGP, jika tidak ada halangan di bulan Oktober nanti," ujarnya.