REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok berkomitmen terus menggeliatkan perekonomian, terutama bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), serta industri kreatif.
Di antaranya melakukan re-branding, pelatihan online, dan menjalin kerja sama dengan pusat perbelanjaan modern. Terlebih di saat pandemi Covid-19, geliat bisnis UMKM menurun dratis.
"Pertama, kita akan melakukan re-branding terhadap puluhan produk IKM yang ada, baik dari pelaku usaha mikro maupun industri kreatif," ujar Kepala Bidang Promosi Dekranasda Kota Depok Anim Mulyana di Kota Depok, Jawa Barat, Senin (5/10).
Menurut Anim, re-branding ini sendiri minimalnya terkait pengemasan produk. Langkah awalnya dengan melakukan pembinaan secara online dan pendampingan oleh tenaga ahli di bidangnya.
"Selain itu, kita juga melakukan kerja sama dengan pasar modern agar produk kita bisa masuk ke pusat perbelanjaan mereka. Seperti Uniqlo Depok yang ada di The Park Sawangan, Margocity, dan TSM Cibubur," kata dia menjelaskan.
Da menambahkan, upaya-upaya yang dilakukan bersama Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Depok iapresiasi Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Barat (Jabar), Atalia Praratya. "Kami berharap tetap mengadakan program kegiatan yang berjejaring bersama instansi dan komunitas lainnya, meski di tengah pandemi," harap Anim.
Lanjut Anim, di tengah pandemi ini, dampak yang cukup besar dirasakan para pelaku usaha. Karena itu, Dekranasda Kota Depok berharap mereka dapat saling menguatkan dan memberi motivasi. Program kegiatan juga tidak boleh berhenti, seperti pelatihan online.
"Mudah-mudahan segala langkah yang dilakukan di Depok, bisa menjadi inspirasi dan diikuti oleh kota/kabupaten lainnya," kata dia.