Jumat 09 Oct 2020 17:49 WIB

Waspadai Potensi Gempa Magnitudo 8,8 di Selatan Bali

Masyarakat perlu waspada jika terjadi gempa lebih dari 20 detik

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Ilustrasi gempa.
Foto: Pixabay
Ilustrasi gempa.

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan masyarakat Bali untuk mewaspadai ancaman potensi gempa dengan magnitudo hingga 8,8 yang berpusat di selatan Pulau Bali dan Nusa Tenggara.

"Kita punya ancaman di selatan Bali. Di Bali ada zonanya yang beberapa lama tidak ada gempanya sehingga ada potensi selatan Bali dan Nusa Tenggara itu potensi magnitudo 8,8. Ini patut diwaspadai karena gempa magnitudo 5 sampai 6 di selatan Bali sudah beberapa kali terjadi," kata Direktur Pemetaan dan Evaluasi Risiko Bencana BNPB Aam Abdul Muhari.

Baca Juga

Keterangan itu ia sampaikan dalam rapat kerja yang dipimpin oleh Kepala BNPB Doni Monardo dengan Gubernur Bali, di Denpasar, Jumat. Menurut Aam, jika gempa itu terjadi maka dampaknya akan sangat parah terjadi di daerah Nusa Dua dan Kuta, Kabupaten Badung dan Sanur, Kota Denpasar.

"Bali itu kan ada lehernya di sebelah selatan dan lehernya bisa terendam dari sisi kiri dan kanan. Tinggi tsunami di darat sekitar empat hingga 15 meter," ucapnya.