Ahad 11 Oct 2020 07:04 WIB

Hujan Deras, Tembok Rumah Tahanan di Kabupaten Bangli Ambruk

Tidak ada korban jiwa akibat ambruknya tembok rumah tahanan di Bangli.

Red: Nidia Zuraya
Hujan Deras (ilustrasi)
Foto: timeslive.co.za
Hujan Deras (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANGLI -- Kepala Sub Bagian Humas dan Reformasi Kanwil Kemenkumham Bali, I Putu Surya Dharma, mengatakan, tembok pengamanan setinggi kurang lebih delapan meter di sisi barat Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Bangli, ambruk pasca dilanda hujan deras. Hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Bangli pada Sabtu (10/10) pagi.

"Tidak ada tahanan yang berulah, tetap mengikuti arahan. Menurut perkiraan, ambruknya tembok pengamanan itu disebabkan hujan berkepanjangan seminggu terakhir," kata dia, dalam keterangan persnya di Denpasar, Sabtu (101/10) malam.

Baca Juga

Ia mengatakan, hujan deras terus-menerus itu menyebabkan banjir di sekitar tembok rumah tahanan. Lalu, debit air hujan yang tidak sebanding dengan air yang keluar melalui irigasi, sehingga menyebabkan genangan yang cukup tinggi dan menggemburkan tanah di sekitar tembok.

"Puncaknya tadi pagi hujan disertai banjir menyebabkan tembok sepanjang kurang lebih 42 meter itu roboh. Hal ini pertama kali diketahuipetugas piket pengamanan yang kontrol keliling di sekitar area rumah tahanan," kata dia.