Senin 12 Oct 2020 20:25 WIB

Ratusan Orang Polandia Dievakuasi untuk Jinakkan Bom PD II

Angkatan Laut Polandia menggunakan penyapu ranjau laut untuk mengambil bom

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Sebuah bom sisa Perang Dunia II, ilustrasi
Foto: bbc
Sebuah bom sisa Perang Dunia II, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, WARSAWA -- Ratusan orang di barat laut Polandia dievakuasi selama beberapa hari. Sementara, Angkatan Laut negara itu mencoba menjinakkan bom Tallboy milik Inggris bekas Perang Dunia II.

Angkatan Laut Polandia menggunakan penyapu ranjau laut untuk mengambil bom yang berada di saluran air pelabuhan Szczecin. Bom seberat 5,4 ton itu ditemukan pada September tahun 2019.  

Baca Juga

Ketika saluran air di tepi selatan pantai Swinoujscie yang menjorok ke Laut Baltik diperdalam. Sama seperti  Szczecin, pantai itu juga pernah menjadi pelabuhan Nazi Jerman.

Proses penjinakkan dimulai pada Senin (12/10) ini dan diperkirakan akan berlangsung lima hari. Para pakar mencoba menjinakkan bom Tallboy di dalam air agar ledakannya bisa kendalikan.

Diyakini Polandia menjadi negara pertama yang menjinakkan Tallboy di dalam air. Bom itu sudah pernah dijinakkan di Jerman, Norwegia, dan Prancis.

Demi keselamatan sebanyak 750 orang yang tinggal di radius 2,5 kilometer dari bom dievakuasi selama proses penjinakan. Kapal-kapal ferry juga dilarang masuk pelabuhan.

Bom Tallboy dirancang teknisi aeronautika Inggris Barnes Wallis. Angkatan Udara Inggris menggunakan bom itu untuk menghancurkan lokasi-lokasi yang dikuasai oleh Nazi.

Kemungkinan digunakan pada April 1945 untuk menghancurkan Swinoujscie yang digunakan Nazi sebagai pelabuhan kapal perang Luetzow, para pakar tidak memiliki penjelasan mengapa saat itu bom tersebut tidak meledak. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَيَوْمَ يُعْرَضُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا عَلَى النَّارِۗ اَذْهَبْتُمْ طَيِّبٰتِكُمْ فِيْ حَيَاتِكُمُ الدُّنْيَا وَاسْتَمْتَعْتُمْ بِهَاۚ فَالْيَوْمَ تُجْزَوْنَ عَذَابَ الْهُوْنِ بِمَا كُنْتُمْ تَسْتَكْبِرُوْنَ فِى الْاَرْضِ بِغَيْرِ الْحَقِّ وَبِمَا كُنْتُمْ تَفْسُقُوْنَ ࣖ
Dan (ingatlah) pada hari (ketika) orang-orang kafir dihadapkan ke neraka (seraya dikatakan kepada mereka), “Kamu telah menghabiskan (rezeki) yang baik untuk kehidupan duniamu dan kamu telah bersenang-senang (menikmati)nya; maka pada hari ini kamu dibalas dengan azab yang menghinakan karena kamu sombong di bumi tanpa mengindahkan kebenaran dan karena kamu berbuat durhaka (tidak taat kepada Allah).”

(QS. Al-Ahqaf ayat 20)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement