Kamis 15 Oct 2020 04:42 WIB

Klub-Klub Liga Primer Inggris Tolak Proyek Big Picture

Proyek Big Picture yang radikal ingin merestrukturisasi sepak bola Inggris.

Red: Israr Itah
Logo Liga Primer Inggris
Foto: premierleague.com
Logo Liga Primer Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Klub-klub Liga Primer Inggris sepakat menolak rencana proyek Big Picture yang radikal untuk merestrukturisasi sepak bola Inggris. Di bawah rencana yang didukung oleh Liverpool dan Manchester United tersebut, jumlah tim peserta kompetisi strata tertinggi Inggris akan dipangkas dari 20 menjadi 18 tim dan Piala Liga dihilangkan.

Selain itu, kekuatan yang lebih besar akan diberikan kepada klub-klub terbesar untuk ditukar dengan paket finansial dan pendapatan hak siar yang lebih besar untuk English Football League (EFL) yang menaungi kompetisi Divisi Championship, League One dan League Two. Meski didukung oleh mayoritas klub EFL, rencana itu dikritik oleh pemerintah Inggris, FA, operator Liga Primer Inggris, dan kelompok-kelompok penggemar.

Baca Juga

"Seluruh klub Liga Primer Inggris yang berjumlah 20 pada hari ini sepakat bahwa Liga Primer Inggris atau FA tidak akan mendukung proyek Big Picture," demikian pernyataan operator Liga Inggris yang dikutip AFP, Rabu (14/10).

Para pemangku kepentingan Liga Primer Inggris setuju untuk mengerjakan rencana strategis untuk sepak bola Inggris, untuk memastikan piramida sepak bola yang bersemangat, kompetitif, dan berkelanjutan, serta menawarkan paket penyelamatan.