Kamis 15 Oct 2020 17:23 WIB

Trik Christian Sugiono Biasakan Anak Cuci Tangan Pakai Sabun

Christian menilai edukasi kebiasaan cuci tangan penting diajarkan sejak dini.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Tangkapan layar Konferensi Pers Lifebuoy #TanganBersihUntukIndonesia bersama Brand Ambassador Christian Sugiono.
Foto: Republika/Adysha Citra Ramadani
Tangkapan layar Konferensi Pers Lifebuoy #TanganBersihUntukIndonesia bersama Brand Ambassador Christian Sugiono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian orang tua mungkin kesulitan untuk membiasakan anak-anaknya cuci tangan dengan air dan sabun. Terkait hal ini, aktor Christian Sugiono memiliki beberapa triknya.

Christian menilai, orang tua perlu melakukan pendekatan yang sesuai dengan usia anak. Christian dan istrinya aktris Titi Kamal telah dikaruniai dua orang anak, yaitu Arjuna Zayan Sugiono (6 tahun) dan Kai Attar Sugiono (2).

Baca Juga

Kepada Arjuna yang kini sudah duduk di bangku sekolah dasar, Christian dan Titi mengajarkan kebiasaan mencuci tangan dengan memberikan contoh. Christian mengatakan, anak seusia Arjuna akan lebih mudah diajari bila orang tua juga melakukan hal yang sama.

"Kalau hanya beri informasi tanpa kita sendiri melakukan, itu biasanya tidak kena ke anak," ujar Christian dalam konferensi pers virual #TanganBersihUntukIndonesia bersama Lifebuoy, Kamis (15/10).

Christian dan Titi biasanya akan mengajak anak-anak mereka untuk mencuci tangan bersama-sama di wastafel. Kebersamaan ini juga dapat membuat kegiatan mencuci tangan terasa lebih menyenangkan bagi anak-anak.

"Kita bikin itu menjadi fun," kata Christian.

Untuk anak keduanya yang masih kecil, Christian dan Titi memberikan edukasi tentang cuci tangan melalui media-media yang mudah dipahami. Salah satunya adalah melalui video edukasi yang menampilkan ilustrasi kartun menarik. Sambil memberikan tontonan video edukasi, Christian dan Titi memberi pendampingan agar Kai menjadi lebih mudah memahami.

Christian menilai edukasi dan penerapan kebiasaan cuci tangan penting diajarkan sejak dini. Terlebih Kai yang masih berusia 2,5 tahun masih memiliki kebiasaan memasukkan tangan ke dalam mulut.

Terkadang, ada momen di mana anak-anak mungkin merasa malas untuk mencuci tangan dengan air dan sabun. Di sat seperti ini, Christian menilai orang tua tidak boleh bosan untuk terus mengingatkan anak mereka mengenai pentingnya mencuci tangan.

"Orang tua tidak boleh bosan dan perlu tetap sabar untuk mengingatkan terus," jelas Brand Ambassador Lifebuoy ini.

Dengan kiat-kiat ini, Christian dan Titi berhasil menjadikan cuci tangan dengan air dan sabun sebagai bagian dari keseharian anak-anak mereka. Sekarang, Christian mengatakan anak-anaknya sudah terbiasa untuk mencuci tangan tanpa harus diingatkan.

"Anak-anak sekarnag ajdi terbiasa cuci tangan sendiri," papar Christian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement