Selasa 20 Oct 2020 05:00 WIB

Nasihat Nabi Muhammad untuk Suami-Istri Agar Bahagia

Suami-istri bisa bahagia dengan mengikuti Nabi Muhammad.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Nasihat Nabi Muhammad untuk Suami-Istri Agar Bahagia. Foto: Rasulullah SAW (ilustrasi)
Foto: Republika/Kurnia Fakhrini
Nasihat Nabi Muhammad untuk Suami-Istri Agar Bahagia. Foto: Rasulullah SAW (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Dalam pernikahan, suami dan istri memiliki hak dan kewajiban yang berbeda. Untuk itu terdapat beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh suami kepada istri berdasarkan anjuran Nabi Muhammad SAW.

Berdasarkan hadits yang diriwayatkan Abu Dawud dari Bahz bin Hakim, dari ayah, dari kakek: "Qultu ya Rasulallahi nisauna maa na'ti minhunna wa maa nadzaru qala: a'ti hartsaka anna syi'ta wa ath'imha idza thaimta waksuha izaktasayta wa la tuqabbihil-wajha wa la tadhrib,".

Baca Juga

Yang artinya: "Saya pernah bertanya kepada Rasulullah SAW: wahai Rasulullah, terkait istri-istri kami apa yang wajib kami lakukan dan yang harus kami tinggalkan? Nabi pun menjawab: kamu boleh bersenggama dengannya sesuai selera kamu, berilah ia pakaian ketika kamu bisa berpakaian, dan janganlah mengolok-olok mukanya dan jangan memukul,".

Hadis dari Bahz bin Hakim adalah teks lain yang menegaskan bahwa suami yang baik, shalih, dan bertanggung jawab adalah yang tidak melecehkan. Lelaki atau suami yang baik adalah mereka yang tidak menistakan ataupun memukul istrinya.