Ahad 25 Oct 2020 12:21 WIB

AP II Sinkronkan Stimulus Penerbangan dengan Pemulihan

AP II memaksimalkan utilisasi slot penerbangan di lima bandara yang mendapat stimulus

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha
Seorang calon penumpang pesawat udara berada di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu (13/2/2019).
Foto: Antara/Septianda Perdana
Seorang calon penumpang pesawat udara berada di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu (13/2/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan akan mensinkronkan stimulus penerbangan dengan percepatan program perusahaan. Khususnya dalam strategi AP II melakukan pemulihan setelah terdampak pandemi Covid-19.

"Pemberian stimulus akan dilakukan bersamaan dengan memaksimalkan utilisasi slot penerbangan," kata Awaluddin dalam diskusi virtual AP II, Sabtu (24/10).

Baca Juga

Awaluddin menjelaskan stimulus penerbangan melalui penghapusan sementara passenger service charge (PSC) atau airport tax diterapkan di lima bandara AP II. Kelima bandara tersebut yakni Soekarno-Hatta, Kualanamu, Halim Perdanakusuma, Silangit dan Banyuwangi.

Dia menegaskan utilisasi slot penerbangan akan dimaksimalkan terlebih posisi lima bandara yang menerima stimulus tersebut sudah tepat. "Pergerakan penumpang di lima bandara itu mencerminkan 75 persen total pergerakan penumpang di 1 bandara yang kami kelola," ungkap Awaluddin.