Ahad 25 Oct 2020 12:50 WIB

Presiden Minta Hiliarisasi Batu Bara Segera Direalisasikan

Indonesia harus berhenti dari negara pengekspor bahan mentah ke barang setengah jadi.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Friska Yolandha
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan ekspor batu bara dalam bentuk mentah tanpa terlebih dulu diolah harus segera dihentikan.
Foto: Dok. Setpres
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan ekspor batu bara dalam bentuk mentah tanpa terlebih dulu diolah harus segera dihentikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan ekspor batu bara dalam bentuk mentah tanpa terlebih dulu diolah harus segera dihentikan. Presiden pun meminta jajarannya segera merumuskan rencana guna merealisasikan target tersebut dengan segera.

Usai menggelar rapat terbatas, Jokowi mengaku telah menerima laporan bahwa pengembangan industri turunan batu bara di Indonesia masih terkendala faktor teknologi dan keekonomian. Ia menilai hal tersebut bisa diatasi apabila perusahaan BUMN bekerja sama atau memiliki rekan kerja (partner) untuk membantu pengembangan tersebut.

Baca Juga

“Saya ingin agar dicarikan solusi untuk mengatasi kelambanan pengembangan industri turunan batu bara ini, karena ini kita sudah lama sekali mengekspor batu bara mentah ini. Saya kira memang harus segera diakhiri, apabila nanti akan ada beberapa perpanjangan dengan kewajiban untuk memulai ini,” kata Jokowi, akhir pekan lalu.

Jokowi menyatakan Indonesia harus bergeser dari negara pengekspor bahan-bahan mentah, salah satunya batu bara. Indonesia harus menjadi negara industri yang mampu mengolah bahan mentah menjadi barang setengah jadi maupun barang jadi.