Selasa 03 Nov 2020 17:22 WIB

Undip Masuk 9 Kampus Terbaik Nasional Versi THE WUR 2021

Lebih dari 1.500 kampus dari 93 negara masuk dalam pemeringkat THE WUR 2021.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Dwi Murdaningsih
Universitas Diponegoro (Undip)
Foto: ft.undip.ac.id
Universitas Diponegoro (Undip)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Universitas Diponegoro (Undip) mempertahankan predikat sebagai salah satu universitas terbaik di tanah air versi majalah Times. Berdasarkan hasil pemeringkatan Times Higher Education (THE) World University Ranking (WUR) 2021 baru- baru ini, Undip masih berada di daftar sembilan universitas top di Indonesia yang diakui di tingkat internasional.

Mengutip laman THE WUR 2021, lebih dari 1.500 universitas dari 93 negara masuk dalam pemeringkatan ini. Dari sekitar 4.500 perguruan tinggi yang ada di Indonesia, tahun ini hanya ada sembilan perguruan tinggi yang berhasil masuk ke dalam peringkat WUR 2021.

Baca Juga

Masing-masing --secara berurutan Universitas Indonesia (UI) di peringkat 801-1.000. Seanjutnya, Institut Teknologi Bandung (ITB), peringkat 1.000+. Universitas Brawijaya (Unibraw), peringkat 1.000+, Universitas Diponegoro (Undip) peringkat 1.000+.

Universitas Gadjah Mada (UGM) peringkat 1.000+. Selanjutnya, Institut Pertanian Bogor (IPB) peringkat 1.000+. Universitas Padjadjaran (Unpad), peringkat 1.000+. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) peringkat 1.000+ dan Universitas Telkom (U-TELKOM) peringkat 1.000+.

Masih berdasarkan situs resmi tersebut, pemeringkatan tahun ini disebut- sebut yang terbesar dan beragam. Tidak hanya universitas negeri, universitas swasta juga masuk dalam radar pemantauan THE WUR 2021.

Dasar pemeringkatannya memakai 13 indikator kinerja yang dikalibrasi secara cermat dengan lima area dasar yakni teaching, research, citation (pengaruh riset) knowledge transfer dan international outlook.

Hasil pemeringkatan juga didasarkan dari analisis atas lebih dari 80 juta sitasi terhadap sekitar 13 juta publikasi riset, yang juga dilengkapi dengan jawaban survei kepada 22.000 mahasiswa seluruh dunia

Menanggapi hal ini, Rektor UNDIP Johan Utamamenegaskan, hasil pemeringkatan tersebut merupakan buah dari kinerja seluruh jajaran civitas akademika Undip. Termasuk juga para alumni yang telah berkontribusi melalui perannya masing-masing.

Ia juga berharap setiap tahun peringkat Undip juga bisa lebih baik lagi dari apa yang kini telah dicapai. “Dengan segala keterbatasan yang ada, kami sangat mensyukuri hasil tersebut,” ujar dia, dalam keterangan pers Selasa (3/11).

Menurutnya, ikhtiar untuk memperbaiki reputasi Undip di tataran global adalah sebuah keniscayaan. Karena itu Undip terus melakukan perbaikan di segala bidang agar kampus yang berdomisili di Kota Semarang ini dapat lebih berkontribusi bagi bangsa dan umat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement