Rabu 04 Nov 2020 10:29 WIB

Pengungsi di Perbatasan Berharap Biden Menang

Para pencari suaka yakin kemenangan Biden memberi mereka kesempatan yang lebih baik

Rep: Fergi Nadira/ Red: Christiyaningsih
Warga Haiti menyeberangi perbatasan menuju Amerika Serikat (AS) di Tijuana, Meksiko.
Foto: AP Photo/Gregory Bull
Warga Haiti menyeberangi perbatasan menuju Amerika Serikat (AS) di Tijuana, Meksiko.

REPUBLIKA.CO.ID, MONTERREY - Beberapa pengungsi di seberang perbatasan Brownsville, Texas berencana berkumpul bersama untuk menyaksikan hasil dari pemilihan presiden Amerika Serikat (AS). Mereka berharap Joe Biden dari Demokrat memenangkan pertarungan ini.

Oscar Borjas merupakan seorang pencari suaka Honduras yang menghabiskan satu tahun tinggal di perkemahan yang dingin dan tidak sehat di Matamoros. Dia dan beberapa pengungsi lainnya bukanlah pemilih AS.

Baca Juga

Borjas juga termasuk di antara puluhan ribu migran yang hidupnya telah diubah oleh kebijakan imigrasi pemerintahan Trump. Dia dan sebagian besar migran berdoa bagi Biden untuk memenangkan pemilihan. "Kami semua berharap Biden," kata Borjas.

Dari Tijuana hingga Matamoros, para pencari suaka yang terdampar di sepanjang perbatasan oleh kebijakan "Tetap di Meksiko" pemerintahan Trump harap-harap cemas saat orang Amerika menuju tempat pemungutan suara. Lebih dari belasan pengungsi yang diwawancarai oleh Reuters mengatakan mereka yakin kemenangan Biden akan memberi mereka kesempatan yang lebih baik untuk melarikan diri dari kota-kota perbatasan Meksiko yang berbahaya dan memasuki AS sambil mengejar kasus suaka mereka.