Rabu 04 Nov 2020 15:20 WIB

Trump Klaim Menangkan Pilpres AS

Masih ada 10 negara bagian yang belum mengumumkan hasil pemungutan suara.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Donald Trump
Foto: AP/Alex Brandon
Presiden Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengklaim telah memenangkan pilpres. Padahal masih terdapat 10 negara bagian yang belum mengumumkan hasil pemungutan suara.

"Kami akan memenangkan ini dan sejauh yang saya perhatikan, kami sudah memenangkannya," kata Trump pada Selasa (3/11), dikutip laman Sky News.

Baca Juga

Dia pun menuding lawan-lawannya melakukan penipuan terhadap publik Amerika. Trump tak menyebut secara gamblang bentuk penipuan yang dimaksud dan siapa pelakunya. Ia bersumpah akan membawa perjuangannya ke Mahkamah Agung agar hukum digunakan dengan cara yang tepat.

Sebelumnya capres AS dari Partai Demokrat Joe Biden mengaku optimis dapat memenangkan pilpres. Dia mengatakan terus memantau hasil penghitungan suara.

"Saya di sini untuk memberi tahu Anda malam ini bahwa kami yakin kami berada di jalur yang tepat untuk memenangkan pemilihan ini. Saya optimis tentang hasil ini," kata Biden kepada para pendukungnya di luar Chase Center di Wilmington, Delaware, pada Selasa, dikutip laman CBS.

Pada kesempatan itu, Biden mengatakan bahwa dia yakin akan memenangkan Arizona, Michigan, Wisconsin, dan Pennsylvania. Keempat negara bagian itu masuk dalam kategori swing state. Kedua kandidat memiliki peluang setara untuk meraih suara di negara bagian terkait.

Dia menyampaikan terima kasih kepada para pendukungnya karena telah memberikan suara. "Jaga keyakinan kalian. Kita akan memenangkan ini," ujarnya.

Sejauh ini, Biden memang masih unggul dibandingkan Trump. Biden tecatat telah meraih 224 suara elektoral, sementara Trump menghimpun 213. Untuk menuju Gedung Putih, setiap kandidat harus mengumpulkan 270 dari 538 suara elektoral.

Berikut daftar perolehan suara elektoral dari masing-masing capres

TRUMP (213)

Alabama (9)

Arkansas (6)

Florida (29)

Idaho (4)

Indiana (11)

Iowa (6)

Kansas (6)

Kentucky (8)

Louisiana (8)

Mississippi (6)

Missouri (10)

Montana (3)

Nebraska (4)*

North Dakota (3)

Ohio (18)

Oklahoma (7)

South Carolina (9)

South Dakota (3)

Tennessee (11)

Texas (38)

Utah (6)

West Virginia (5)

Wyoming (3)

JOE BIDEN (224)

California (55)

Colorado (9)

Connecticut (7)

Delaware (3)

District of Columbia (3)

Hawaii (4)

Illinois (20)

Maryland (10)

Massachusetts (11)

Minnesota (10)

Nebraska (1)*

New Hampshire (4)

New Jersey (14)

New Mexico (5)

New York (29)

Oregon (7)

Rhode Island (4)

Vermont (3)

Virginia (13)

Washington (12)

Negara Bagian Belum Selesai Penghitungan

Alaska

Arizona

Georgia

Maine

Michigan

Nevada

North Carolina

Pennsylvania

Wisconsin

*Nebraska membagi lima suara elektoralnya - dua pemilih ditetapkan berdasarkan pluralitas suara di negara bagian itu, dan tiga lainnya diberikan berdasarkan distrik kongres. Biden mengambil satu suara, di distrik kongres ke-2.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement