Sabtu 07 Nov 2020 07:01 WIB

Kominfo Imbau Masyarakat Dukung Pemilihan Serentak 2020

Pemilihan Serentak harus jadi momentum tampilnya cara dan inovasi baru di masyarakat

Red: Gita Amanda
Kominfo meminta masyarakat mendukung pelaksanaan Pemilihan Serentak.
Foto: Kominfo
Kominfo meminta masyarakat mendukung pelaksanaan Pemilihan Serentak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meskipun di tengah pandemi Covid-19, gelaran Pemilihan Serentak 2020 tetap dilanjutkan setelah sempat tertunda. Pemerintah, DPR bersama KPU telah berkomitmen untuk melaksanakan Pemilihan Serentak dengan prinsip mengedepankan kesehatan agar tidak terjadi penularan Covid-19.

Berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) No.6/2020, pelaksanaan Pemilihan Serentak 2020 harus menerapkan protokol kesehatan tanpa mengenal warna zonasi wilayah. Presiden Jokowi telah menginstruksikan seluruh kementerian dan lembaga terkait untuk mempersiapkan segala upaya untuk menerapkan protokol kesehatan dalam semua tahapan Pemilihan Serentak 2020.

Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika mengimbau agar masyarakat menyambut dengan positif persiapan Pemilihan Serentak 2020. “Meskipun pemilihan tinggal beberapa pekan lagi, tetapi masih ada suara yang pesimis atau menolak dilaksanakannya Pemilihan tanggal 9 Desember 2020 nanti. Kami mengimbau agar seluruh elemen masyarakat untuk mendukung pelaksanaan Pemilihan Serentak karena akan menerapkan protokol kesehatan ketat,” ujar Dirjen IKP Kominfo Prof. Dr. Widodo Muktiyo, dalam siaran persnya.

Widodo menyebut Pemilihan Serentak ini harus menjadi momentum tampilnya cara-cara dan inovasi baru di tengah masyarakat. Kemudian menjadikan Pemilihan Serentak sebagai ajang adu gagasan, adu berbuat dan bertindak untuk meredam serta memutus rantai penyebaran Covid-19. Pemilihan Serentak juga menjadi ajang menunjukkan kepada dunia internasional bahwa Indonesia adalah negara demokrasi konstitusional serta menjaga keberlanjutan sistem pemerintahan demokratis sesuai dengan ideologi Pancasila dan konstitusi UUD 1945.

“Sudah banyak contoh negara lain yang menyelenggarakan Pemilu di tengah pandemi, seperti Singapura, Jerman, Prancis, dan Korea Selatan. Kuncinya adalah disiplin menerapkan protokol kesehatan ketat pada setiap tahapan Pemilihan Serentak,” lanjut Widodo.

Kominfo  akan melakukan tiga hal penting untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Serentak 2020. Tiga hal itu antara lain menyebarkan informasi tentang pelaksanaan tata cara Pemilihan Serentak, pentingnya penyelenggaraan Pemilihan Serentak bagi daerah, dan menyampaikan literasi yang berkaitan dengan menjaga kesehatan di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement