Senin 09 Nov 2020 21:55 WIB

Persamaan dan Perbedaan Covid-19 dengan Hantavirus

Hantavirus adalah keluarga virus ditularkan di udara melalui kotoran hewan pengerat

Rep: Puti Almas/ Red: Gita Amanda
Virus corona dalam tampilan mikroskopik. (ilustrasi)
Foto: EPA/CDC
Virus corona dalam tampilan mikroskopik. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam sebuah kasus yang terjadi di Amerika Serikat (AS), ada seseorang yang pada awalnya diduga terinfeksi virus corona jenis baru (Covid-19), namun hasil tes menunjukkan dirinya negatif dari penyakit itu. Setelah menjalani pemeriksaan lebih lanjut, dokter mendiagnosis bahwa itu adalah hantavirus.

Kasus ini dialami Sue Ryan. Ia mengalami gajala Covid-19 setelah pulang dari hiking dan berkemah di Colorado menjalani pemeriksaan yang menunjukkan bahwa dirinya negatif terhadap virus tersebut, namun gejala berupa sakit kepala, demam tinggi, dan kesulitan bernapas terus dialaminya, bahkan semakin memburuk.

Baca Juga

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menyebut hantavirus adalah keluarga virus yang ditularkan di udara melalui kotoran hewan pengerat. Infeksi hantavirus dapat menyebabkan beragam sindrom penyakit pada orang di seluruh dunia, seperti hantavirus pulmonary syndrome (HPS) yang disebabkan oleh jenis hantavirus di Amerika, dan demam berdarah dengan sindrom ginjal (HFRS), akibat jenis hantavirus di Eropa dan Asia.

Amesh A. Adalja, pakar penyakit menular dan peneliti senior di Johns Hopkins Center for Health Security di Maryland mengatakan gejala Covid-19 dan gejala hantavirus tampak tumpang tindih atau mirip. Ia menyebut seperti layaknya virus corona baru, hantavirus dapat menyebabkan gejala gangguan pernapasan.